Menu

Mode Gelap

Event · 15 Mar 2023 17:54 WIB

Tingkatkan Keterampilan Pencaker, Disnkerkopum Tanjungpinang Gelar Pelatihan Mengemudi SIM A


					Wali Kota Tanjungpinang dan Kepala Disnakerkopum Tanjungpinang memberikan tanda peserta pelatihan. Foto: Asrul Zeni/kepripedia.com Perbesar

Wali Kota Tanjungpinang dan Kepala Disnakerkopum Tanjungpinang memberikan tanda peserta pelatihan. Foto: Asrul Zeni/kepripedia.com

Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Mikro (Disnakerkopum) melaksanakan Pelatihan Berdasarkan Unit Kompetisi Mengemudi dengan kategori Surat Izin Mengemudi (SIM) A di Kantor Dinaskerkopum lantai 5 Komplek Perkantoran Pemerintah Kota Tanjungpinang, Rabu (15/3).

Kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta berdasarkan kelurahan, usulan perbankan, dan para pencari kerja.

ADVERTISEMENT

Kepala Disnakerkopum Tanjungpinang, Ahmad Nur Fatah, mengatakan, tujuan diadakannya pelatihan ini untuk memberikan keterampilan tenaga kerja berdasarkan kejuruan yang telah ditetapkan. Hal ini guba menunjang kompetensi sesuai pasar kerja. 

“Pelaksanaan pelatihan SIM A direncanakan pelaksanaannya kurang lebih 13 jam perhari bertempat di LPK Otto Jabil Tanjungpinang,” kata dia.

Ia menambahkan peserta yang dipilih juga tanpa pandang gender. Ini bertujuan agar semua program dapat dilaksanakan dengan mempertimbangkan kesempatan dan akses perempuan terhadap program pembangunan.

“Peserta kita juga sudah memenuhi pengarusutamaan gender atau lebih kurang 30% dari peserta adalah wanita atau ibu-ibu,” kata dia lagi.

Dijelaskannya, 0elatihan ini diadakan juga merujuk Undang-undang No 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja dan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 8 tahun 2014 tentang Pedoman Penyelenggaraan Berbasis Kompetisi. 

Selanjutnya Perda Kota Tanjungpinang Nomor 8 tahun 2023 tentang APBD 2023 dan Perwako Tanjungpinang Nomor 40 tahun 2022 tentang Penjabaran APBD tahun anggaran 2023.

Kemudian juga berdasarkan peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 05 tahun 2021 tentang penerbitan dan pengadaan surat izin mengemudi.

ADVERTISEMENT

Sementara itu, Walikota Tanjungpinang, Rahma, dalam sambutannya saat membuka kegiatan menyebutkan pelatihan mengemudi ini untuk mengurangi angka pengangguran dan membantu masyarakat untuk bisa berpeluang mendapatkan pekerjaan 

“Hari ini tentu untuk membantu mengurangi angka pengangguran,” ujarnya. 

Ia mengakui, angka pengangguran sempat meningkat akibat dampak COVID-19 beberapa tahun lalu.

ADVERTISEMENT

“Karena ada perusahaan yang selama ini mungkin eksis, tiba sekarang redup, akhirnya yang kerja jadi menganggur,” lanjutnya 

Diakhir acara Wali Kota Tanjungpinang dan Kepala Disnakerkopum Tanjungpinang memberikan tanda peserta simbolis dimulainya kegiatan tersebut. Lalu  ditutup dengan foto bersama.

Gabung dan ikuti kami di :

Penulis: | Editor: Redaksi



whatsapp facebook copas link

Baca Lainnya

Pemilihan Duta GenRe 2024 Lingga, Ini Para Finalisnya

1 Maret 2024 - 13:57 WIB

Apresiasi Duta GenRe Lingga Tahun 2024

Berikut Pemenang Lomba Menulis #6tahunajitanjungpinang Tingkat SMA/SMK/MA dan Mahasiswa

19 Februari 2024 - 14:07 WIB

Penyerahan hadiah pemenang lomba menulis AJI Tanjungpinang

AJI Tanjungpinang Gelar Diskusi Publik Merawat Keberagaman di Tahun Politik

16 Desember 2023 - 21:09 WIB

Diskusi Publik AJI Tanjungpinang

Sayembara Desain Tugu Timah Dabo Singkep, Total Hadiah Rp15 Juta

7 Desember 2023 - 14:54 WIB

Sayembara Desain Tugu Timah

Tamadun Melayu Sempena HUT ke-20 Lingga, Disemarakkan Penampilan Budaya

18 November 2023 - 13:19 WIB

Penampilan seni tari melayu di pembukaan Tamadun Melayu HUT ke 20 Lingga

Kepala BP Batam Tutup Kemeriahan Jamselinas XII 2023 yang Sukses digelar di Batam

17 November 2023 - 16:27 WIB

IMG 20231111 WA0021 11zon
Trending di Event