Menu

Mode Gelap

Pojok · 14 Okt 2021 00:23 WIB ·

Tingkatkan Sosialisasi, Bawaslu Kepri Bekali Kader Pengawas Partisipatif Ilmu Jurnalistik


 Peserta SKPP Kepri saat mewawancarai Komisioner Bawaslu Lingga, Ardhy Aulia dan Komisioner Bawaslu Kepri, Rosnawati. Perbesar

Peserta SKPP Kepri saat mewawancarai Komisioner Bawaslu Lingga, Ardhy Aulia dan Komisioner Bawaslu Kepri, Rosnawati.

Seluruh peserta Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) tingkat menengah di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kepri yang diselenggarakan di Hotel Harris Batam, Rabu (13/10) dibekali ilmu jurnalistik dan komunikasi sosial.

Koordinator Divisi Pencegahan & Hubungan Antar Lembaga (PHL) Bawaslu Kepri, Idris, menerangkan jika sejatinya publikasi dan kehumasan dibutuhkan oleh setiap divisi di Bawaslu. Bahkan menurutnya, ini juga diperlukan di seluruh penyelenggara Pemilu atau Pilkada.

“Kita perlu meningkatkan sosialisasi ke masyarakat dengan publikasi yang menarik, mudah dipahami, dan dibaca, atau bisa sampai di masyarakat. Hal ini kurang optimal di penyelenggara karena keterbatasan SDM yang mumpuni di bidang ini,” ujarnya.

Peserta SKPP Kepri saat mewawancarai Komisionee Bawaslu Kepri, Idris. Foto: kepripedia.com

ads

Ia mengungkapkan, melatih dan membekali para kader di bidang publikasi atau kehumasan ini merupakan salah satu project Bawaslu Kepri yang dimasukkan dalam SKPP. Karena hematnya, sosialisasi ke masyarakat ini sangat penting.

“Seperti di media sosial ya. Kalau kita sudah nerapkan Podcast Bawaslu juga. Serta ada publikasi di setiap kegiatan di website kita,” tambahnya.

ads

Idris berharap, tentunya bekal komunikasi sosial dan keilmuan untuk citizen journalism ini efektif untuk kedepannya. Seperti untuk publikasi setiap aktivitas Bawaslu.

“Memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi. Bawaslu harus beri infomasi seputar tahapan-tahapan juga. Selama ini kita sayangkan jika masyarakat kurang tau secara rinci soal kerja Bawaslu,” pungkasnya.

Peserta SKPP Kepri saat mewawancarai komisioner Bawaslu Kota Batam, Ribut Sentosa. Foto: kepripedia.com

Melalui tugas yang diberikan narasumber CEO kepripedia.com, Hasrullah, dan Komisioner Bawaslu Kota Batam, yang juga jurnalis, Ribut Sentosa, 23 kader pengawas partisipatif tingkat menengah ini belajar langsung cara mengumpulkan informasi melalui metode wawancara.

Para peserta mengangkat tema yang berbeda, mulai dari keterlibatan ASN dalam Pemilu/Pilkada, hingga fenomena politik dinasti. Mereka secara langsung mewawancarai para komisioner provinsi dan kabupaten/kota yang ada di lokasi untuk mendapatkan informasi. Lalu mempresentasikan tulisannya dengan unsur jurnalistik.

Artikel ini telah dibaca 2 kali

Penulis:

Editor: Wak JK


Baca Lainnya

Kodim 0315/Bintan melalui Koramil 04/Dabo, Dampingi Perangkat Desa Ajak Warga untuk Ikut Vaksin

20 Oktober 2021 - 12:56 WIB

Usai Vaksin Warga, Satpol Air Polres Karimun Salurkan Bantuan 350 Paket Sembako

20 Oktober 2021 - 11:24 WIB

5 Personel Bhabinkamtibmas Polsek Sagulung Terima Penghargaan dari Kapolresta Barelang

20 Oktober 2021 - 10:17 WIB

Babinsa Koramil 03/Kundur Komsos ke Peternak Lele di Desa Sebesi

19 Oktober 2021 - 17:50 WIB

Kodim 0315/Bintan melalui Koramil 04/Dabo, Membantu Salah Satu Nelayan Yang Sedang Berkebun di Wilayah Binaannya

19 Oktober 2021 - 16:04 WIB

Wagub Marlin Tinjau Vaksinasi COVID-19 di Rutan Batam

18 Oktober 2021 - 18:56 WIB

Trending di Pojok