Warta ยท 9 Okt 2021 16:32 WIB

Vaksin AstraZeneca di Kepri Kedaluwarsa 30 Oktober Mendatang


Vaksin AstraZeneca di Kepri Kedaluwarsa 30 Oktober Mendatang Perbesar

Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, menginstruksikan instansi terkait untuk menggesa prose pelaksanaan vaksinasi di seluruh daerah. Hal tersebut mengingat sebagai besar vaksin jenis AstraZeneca yang sudah mau memasuki masa kedaluwarsa pada 30 Oktober 2021 mendatang.

Hal tersebut disampaikannya saat memimpin Rapat Satgas Percepatan Vaksinasi di Ruang Kerja Lantai 4 Kantor Gubernur, Tanjungpinang, Jum’at (8/10).

Dalam rapat Percepatan tersebut dibahas tentang kekuatan vaksinasi bagi masyarakat Kepri yang tersisa dan vaksin yang mau masuk waktu kedaluwarsa.

“Kita sepakat ya, vaksin Astrazaneca yang masa expired 31 Oktober kita kembalikan ke pusat,” ungkapnya.
Oleh karena itu, Ansar menginstruksikan agar vaksin Sinovac yang masih tersedia saat ini diperuntukkan kepada vaksinasi dosis 2 bagi kelompok pelajar. Karena, vaksinasi untuk pelajar harus mencapai 100 persen sebagai syarat pembelajaran tatap muka jadi kedepannya vaksinator akan menyasar langsung ke sekolah-sekolah.

ads

“Itu di sisirlah ke sekolah-sekolah, dan kita akan rapat kembali ke Kabupaten dan Kota lagi. Kita sudah sibuk kejar-kejar level jadi jangan sampai lalai,” katanya.

Selain itu, terkait dengan mulai sepinya orang yang mengikuti vaksinasi, Gubernur menyarankan agar satgas melakukan rumah ke rumah dengan membawa vaksinator langsung.

Menurutnya, melihat ketersediaan vaksin yang cukup aman di Kepri, kegiatan vaksinasi umum dapat terus didorong untuk menyisir vaksinasi daerah pesisir.

“Tolong lanjutan vaksinasi ini terus berjalan, supaya berjalan ya kita akomodirkan saja,” tambah Gubernur Ansar.

ads

“Untuk masyarakat nanti tetap diupayakan vaksinasi massal, tapi lebih baik vaksinasi menyisir rumah ke rumah lebih efektif,” pintanya.

Mantan Bupati Bintan 2 periode ini juga memerintahkan Dinas Kesehatan untuk mengawasi stok-stok vaksin di Kabupaten dan Kota supaya bisa memenuhi target sasaran.

“Tenaga vaksinator mulai mengindentifikasi ke sekolah-sekolah yang jumlah muridnya relatif banyak belum divaksinasi,termasuk tenaga pendidik yang belum divaksinasi,” tambah Gubernur Ansar.

Untuk diketahui, berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 Kepri, hingga 8 Oktober 2021 capaian vaksinasi dosis 1 sebesar 82,55 persen atau 1.305.194 orang. Sedangkan, untuk vaksinasi dosis 2 saat ini sudah mencapai 58,02 persen atau 917.374 orang.

Dapatkan update berita langsung dari Smartphone anda melalui telegram. Klik t.me/kepripediacom untuk bergabung

Penulis: | Editor: Wak JK


ads
Tetap terhubung dengan kami:
Baca Lainnya

Waspada COVID-19 Varian Omicron yang Lebih Cepat Menular

8 Desember 2021 - 20:50 WIB

Didemo Buruh Soal UMK, Gubernur Ansar: Berunjukrasalah dengan Tertib

8 Desember 2021 - 18:53 WIB

Pemulangan PMI Melalui Batam Diperketat Antisipasi Varian Omicron

8 Desember 2021 - 18:39 WIB

Para PMI Tiba di Batam melalui Pelabuhan Batam Center

Satgas: 7.000 PMI dari Malaysia Akan Pulang Melalui Batam

8 Desember 2021 - 18:21 WIB

Dandim 0316 Batam Letkol Kav Sigit Dharma Wiryawan

Berniat Kabur, Pelaku Cabul di Batam Ditangkap di Atas Kapal Tujuan Meranti

8 Desember 2021 - 17:13 WIB

Koramil 01/Balai Gelar Binter dan Binfung

8 Desember 2021 - 16:56 WIB

Trending di Warta