Menu

Mode Gelap

Kuliner Wisata · 11 Des 2023 11:51 WIB

3 Tempat Wisata Favorit di Kepri, Bisa Jadi Destinasi Liburan Akhir Tahun


					Pantai Trikora Bintan. Foto: Ismail/kepripedia.com Perbesar

Pantai Trikora Bintan. Foto: Ismail/kepripedia.com

Kepulauan Riau (Kepri) merupakan provinsi yang terletak di ujung utara Pulau Sumatera. Provinsi ini memiliki wilayah yang terdiri dari gugusan pulau-pulau yang tersebar di Laut Cina Selatan. Kekayaan alam dan budayanya menjadikan Kepri sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia.

Sejatinya banyak tempat wisata di Kepri, khususnya wisata alam yang memiliki pesona menawan. Bahkan termasuk salah satu provinsi dengan destinasi wisata terpopuler di Indonesia. Pada tahun 2019, Kepulauan Riau menduduki peringkat kedua sebagai destinasi wisata favorit wisatawan mancanegara di Indonesia, setelah Bali.

ADVERTISEMENT

Berikut 3 tempat wisata favorit di Kepri versi kepripedia:

Pantai Trikora

Pantai Trikora merupakan salah satu pantai terindah di Kepri. Pantai ini terletak di Kabupaten Bintan dan memiliki pasir putih yang lembut serta air laut yang jernih. Selain itu, Pantai Trikora juga memiliki pemandangan alam yang indah, seperti pegunungan dan hutan mangrove.

Pantai Trikora memiliki beberapa daya tarik, seperti pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih dan pemandangan alam yang indah, seperti pegunungan dan hutan mangrove.

1555982990 Trikora Bintan, Pantai Terpanjang

Pantai Trikora, Bintan. Foto: Indonesia.go.id

Pengunjung dapat menikmati berlibur di pantai Trikora dengan beragam aktivitas seperti berenang, snorkeling, diving, dan memancing.

Dari pusat kota Tanjungpinang, Pantai Trikora berjarak sekitar 45 kilometer. Panjangnya mencapai 25 kilometer hingga terbagi dalam empat bagian, yakni Trikora 1, Trikora 2, Trikora 3 dan Trikora 4.

Pantai Lagoi

Pantai Lagoi merupakan salah satu kawasan wisata terpopuler di Kepri. Pantai ini terletak di Kabupaten Bintan dan memiliki berbagai macam fasilitas wisata, seperti hotel, restoran, dan tempat hiburan. Selain itu, Pantai Lagoi juga memiliki berbagai macam pantai yang indah, seperti Pantai Nirwana, Pantai Pasir Putih, dan Pantai Tanjung Pinang.

ADVERTISEMENT
gambar 1671130510

Pantai Lagoi. Foto: bintankuindonesia

Untuk sampai di pantai ini, dari Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah di Tanjungpinang dapat dengan menggunakan kendaraan pribadi atau taksi selama sekitar 1 jam 30 menit. Namun jika melalui Pelabuhan Tanjunguban, wisatawan dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi atau taksi selama sekitar 40 menit.

Pulau Penyengat

Pulau Penyengat merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di Kabupaten Bintan. Pulau ini merupakan tempat bersejarah karena merupakan pusat pemerintahan Kesultanan Riau-Lingga pada masa lalu. Di Pulau Penyengat terdapat berbagai macam bangunan bersejarah, seperti Masjid Raya Sultan Riau, Makam Sultan Mahmud Riayat Syah, dan Museum Maritim.

ADVERTISEMENT

Ada beberapa hal uang menarik dan sayang dilewatkan, yakni bangunan-bangunan bersejarah yang masih terawat serta didukung pemandangan alam yang indah. Selain itu, pengunjung dapat menjadikan pulau Penyengat sebagai destinasi wisata keluarga dengan aktivitas wisata edukasi, seperti belajar sejarah dan budaya.

3030141 scaled

Pulau penyengat. Foto: Ismail/kepripedia.com

Dari Tanjungpinang, pengunjung dapat menggunakan perahu pompong atau kapal cepat dari Pelabuhan Penyengat. Waktu tempuh perahu pompong sekitar 15 menit, sedangkan waktu tempuh kapal cepat sekitar 5 menit.

ADVERTISEMENT

Ketiga tempat wisata tersebut menawarkan berbagai macam keindahan dan daya tarik yang berbeda-beda. Pantai Trikora cocok untuk wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam, Pantai Lagoi cocok untuk wisatawan yang ingin berwisata dan bersenang-senang, dan Pulau Penyengat cocok untuk wisatawan yang ingin mempelajari sejarah dan budaya.

Gabung dan ikuti kami di :

Penulis: | Editor: Redaksi



whatsapp facebook copas link

Baca Lainnya

Kunjungan Wisman ke Kepri Turun Siginifikan di April 2024

4 Juni 2024 - 12:22 WIB

Ilustrasi wisman berkunjung ke Kepri 1

Sambil Ngabuburit, Komunitas di Karimun Edukasi Masyarakat Tentang Hewan Reptil

25 Maret 2024 - 06:07 WIB

IMG 20240325 060429 11zon

Rekomendasi Menu Buka Puasa Khas Kepulauan Riau, Bisa Coba Sajikan di Rumah!

12 Maret 2024 - 22:32 WIB

Menu Buka Puasa

Menparekraf Harap Kepri Sumbang 25 Persen Jumlah Wisman pada 2024

8 Januari 2024 - 16:36 WIB

IMG 20240108 WA0029 11zon

Periode Januari-Desember 2023, Kunjungan Wisman ke Kepri Capai 1,3 Juta

3 Januari 2024 - 18:22 WIB

Ilustrasi wisman berkunjung ke Kepri 1

Jadi Makanan Populer, Begini Cara Buat dan Resep Laksa Goreng Khas Kepri

19 Desember 2023 - 13:07 WIB

Laksa Goreng Khas Kepri
Trending di Kuliner Wisata