Menu

Mode Gelap

Event · 10 Okt 2023 15:12 WIB

AJI Tanjungpinang bersama Kampus UMRAH Gelar Pelatihan Cek Fakta Anti Hoaks


					AJI Tanjungpinang bersama Kampus UMRAH Gelar Pelatihan Cek Fakta Anti Hoaks. Foto: istimewa Perbesar

AJI Tanjungpinang bersama Kampus UMRAH Gelar Pelatihan Cek Fakta Anti Hoaks. Foto: istimewa

Sebanyak 20 mahasiswa Universitas Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang antusias mengikuti pelatihan cek fakta anti hoax yang dilaksanakan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Tanjungpinang, Senin (10/10/2023). Pelatihan ini mendatangkan dua trainer bersertifikasi dari AJI Indonesia dan Google News Initiative yaitu Yose Hendra dan Yogi Eka Sahputra.

Pelatihan berlangsung selama dua hari 9-10 Oktober 2023, di Gedung Tanjak Kampus Umrah Pulau Dompak, Kota Tanjungpinang. Terlihat pada hari pertama mahasiswa sangat aktif dalam pelatihan ini. Mereka diajak memahami apa yang dimaksud dengan informasi hoax. Setelah itu mereka juga diminta melakukan cek fakta dalam melihat sebuah informasi.

ADVERTISEMENT

Yose Hendra mengatakan, mahasiswa diharapkan dapat menjadi garda terdepan dalam menangkal berita bohong atau hoax yang tersebar ditengah masyarakat. “Tentu ini penting untuk mahasiswa,” kata Yose yang bekerja sebagai Pimpinan Redaksi Langgam.id saat memulai materinya.

Yose Hendra memaparkan berbagai penyebab munculnya hoax di tanah air ini. Mulai dari defisit data atau informasi yang tersebar sangat banyak, hingga penyebab lainnya.

Begitu juga yang disampaikan Yogi Eka Sahputra, kontributor Tempo dan Mongabay Indonesia di Kepri ini memaparkan cara menyaring informasi agar mahasiswa tidak ikut menyebarkan hoax.

“Mahasiswa yang ikut pelatihan ini, kedepan menggunakan prinsip saring sebelum sharing, terutama mahasiswa harus menjadi penangkal hoax dilingkungan sekitar, baik itu dilingkungan keluarga ataupun kampus,” kata Yogi.

Ketua AJI Tanjungpinang, Jalani sangat mengapresiasi terjalinnya kerjasama yang baik antara AJI Tanjungpinang dan pihak kampus Umrah. Ia berharap kerjasama-kerjasama seperti ini terus berlanjut kedepannya.

“Kita tahu mahasiswa adalah agen of change, jadi sangat penting memahami pengetahuan seperti ini, semoga pelatihan ini berjalan dengan lancar,” kata Jay.

Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Ahada Wahyusari mengucapkan terimakasih kepada kedua trainer AJI dan Google yang telah membuka pikiran mahasiswa.

ADVERTISEMENT

“Selamat juga kepada mahasiswa yang terpilih ikut pelatihan ini, akhirnya bisa membuka pikiran kawan-kawan, bisa dapat ilmu banyak dari acara ini,” katanya

Ia menegaskan, mahasiswa tidak harus kuliah pulang, tetapi juga ikut dalam kegiatan seperti pelatihan-pelatihan seperti dua hari ini.

“Kita juga ada mata kuliah jurnalistik, semoga bisa melahirkan jurnalis nantinya dari kampus ini,” kata Ahada

ADVERTISEMENT
Gabung dan ikuti kami di :

Penulis: | Editor: Redaksi



whatsapp facebook copas link

Baca Lainnya

Jaring Potensi Atlet, Forki Gelar Kejuaraan Karate se-Kabupaten Karimun

20 Juli 2024 - 12:31 WIB

IMG 20240720 WA0027 11zon

Batam Siap Jadi Tuan Rumah Open 10 Ball Championship 2024

26 Juni 2024 - 09:47 WIB

IMG 20240626 WA0032 11zon

Pemenang Turnamen Domino Polres Bintan Dapat Hadiah Kambing

30 Mei 2024 - 16:24 WIB

Pemenang turnamen domino Polres Bintan dapat hadiah kambing

Festival Ekonomi Syariah Sumatera 2024 Digelar di Batam

27 Mei 2024 - 11:39 WIB

Tabligh Akbar pada Festival Ekonomi Syariah atau FESyar Sumatera Tahun 2024

Kafilah Tanjungpinang di Pawai Ta’aruf MTQH ke-X, Usung Tema Kerajaan Melayu Pulau Penyengat

20 Mei 2024 - 17:52 WIB

IMG 20240520 WA0037 11zon

Pawai Ta’aruf Semarakkan MTQH Ke X Provinsi Kepri di Batam

20 Mei 2024 - 13:15 WIB

Pawai Taaruf MTQ Kepri
Trending di Event