Menu

Mode Gelap

Buzz · 20 Jan 2023 12:09 WIB

Asal Muasal Angpau yang Hadir saat Perayaan Imlek


					ilustrasi- angpau. Foto: pexels.com Perbesar

ilustrasi- angpau. Foto: pexels.com

Angpau salah satu ciri khas yang selalu hadir saat perayaan Imlek. Amplop yang berisi uang dan identik dengan warna merah ini biasanya dibagikan untuk anak-anak hingga kalangan pemuda.

Saat perayaan Tahun Baru Imlek, Angpau dibagikan dalam rangka untuk memperoleh kebaikan dan berkah untuk penerima.

ADVERTISEMENT

“Angpau ini bermakna membawa keberuntungan serta menyenangkan anak-anak,” ungkap salah satu tokoh Tionghoa Batam, Ependi Tan kepada kepripedia, Kamis (19/1).

Angpau juga disebut secara harfiah berarti uang penangkal umur. Biasanya diberi ke anak-anak pada malam tahun baru Imlek.

Dengan demikian, dipercaya dapat mengusir roh jahat, menangkal kemalangan, serta memberkati kedamaian. Uang Tahun Baru atau Angpau diperkirakan paling awal muncul di Dinasti Han.

Uang yang digunakan bukan uang yang beredar di pasar, tetapi semacam koin berbentuk bulat yang digunakan sebagai
penolak bala.

“Masyarakat Tionghoa kuno mempercayai ada monster kecil yang disebut sui yang lafalannya sama dengan sui yang bermakna tahun atau umur. Monster ini muncul setiap malam tahun baru untuk mencelakai anak yang sedang tidur,” ujar Ependi.

“Untuk mengusir monster ini, orang tua akan membungkus delapan koin tembaga dengan kertas merah dan meletakkannya di dekat bantal anak untuk membantu anak menakuti monster itu,” tambah dia.

Angpau dulu tidak berbentuk seperti sekarang, yang berupa amplop merah. Di zaman dulu, uang koin diikat dengan tali berwarna-warni dan bentuknya mirip naga.

ADVERTISEMENT

Uang Tahun Baru Imlek itu dapat diberikan setelah anak-anak memberikan ucapan selamat Tahun Baru, atau dapat secara diam-diam yang ditempatkan di bawah bantal anak ketika anak tertidur di Malam Tahun Baru.

Setelah Republik Tiongkok berdiri, barulah muncul uang tahun baru dibungkus dengan kertas merah, dan terus berkembang hingga seperti sekarang, amplop merah atau angpau dengan berbagai bentuk
dan desain.

Dikutip dari kumparan di negeri asalnya, angpao dikenal sebagai ‘hong bao’ atau ‘lai see’ dalam bahasa Kanton yang berarti saku merah, paket merah, atau amplop merah.

ADVERTISEMENT

Sejarah pemberian angpau ini ternyata sudah berlangsung sejak lama. Bahkan, sudah ribuan tahun yang lalu di China. Tradisi memberikan angpau ini sendiri diperkirakan sudah ada sejak 221-206 Sebelum Masehi (SM) era Dinasti Qin.

Saat itu, orang tua di China memberikan anaknya 100 koin menggunakan pouch atau sebuah kantong yang berwarna merah atau yang disebut ‘ya sui qian’ atau ‘uang untuk mengusir roh jahat’.

Dalam kepercayaan mereka, pemberian uang koin tersebut dapat melindungi sang anak dari penyakit dan diberikan umur yang panjang.

ADVERTISEMENT

Sejak saat itulah, angpao mulai dikenal sebagai yasui qian dengan karakteristik khasnya, berkelir merah dengan tulisan berwarna emas.

Sesuai dengan tradisi China, warna merah dianggap sebagai warna keberuntungan, energi baik, kesuburan, dan membawa pencerahan. Warna merah pada angpao juga diyakini dapat memberikan perlindungan dari kejahatan.

Masyarakat Tionghoa percaya bahwa menerima angpao berarti menerima berkat serta doa untuk menjalani tahun yang baru dengan aman, bahagia, damai, dan penuh keberuntungan. Angpao juga secara simbolik menjadi tanda untuk menolak bala.

Gabung dan ikuti kami di :

Penulis: | Editor: Redaksi



whatsapp facebook copas link

Baca Lainnya

Segera Daftar Beasiswa Pemkab Bintan untuk Mahasiswa S1 dan D1, Ini Syarat dan Ketentuannya

10 Juli 2024 - 11:09 WIB

Beasiswa Bintan 2024

Motor Listrik Honda EM1 e Resmi Hadir di Kota Batam

28 April 2024 - 18:52 WIB

WhatsApp Image 2024 04 28 at 11.47.45

Rekrutmen Bersama BUMN 2024 Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

23 Maret 2024 - 12:47 WIB

Rekrutmen bersama BUMN 2024

Mudik Gratis 2024 dengan KM Kelud Dibuka, Ini Cara Daftar dan Syaratnya

21 Maret 2024 - 13:49 WIB

IMG 20240321 WA0004 11zon

Jadwal Mudik Gratis 2024 dengan KM Kelud Rute Batam Jakarta Belawan

20 Maret 2024 - 21:09 WIB

KM Kelud

Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Kabupaten Kepulauan Anambas Ramadhan 1445 H / 2024 M

12 Maret 2024 - 21:52 WIB

Ilustrasi ramadhan anambas
Trending di Buzz