Menu

Mode Gelap

Warta · 13 Jul 2023 16:10 WIB

Berkat Usulan Cen Sui Lan, Polder Penanggulangan Banjir di Tanjungpinang dan Batam Dibangun Tahun 2024


					Cen Sui Lan menyerahkan dokumen usulan pembangunan polder di Batam dan Tanjungpinang ke Dirjen SDA Kementerian PUP. Foto: Istimewa Perbesar

Cen Sui Lan menyerahkan dokumen usulan pembangunan polder di Batam dan Tanjungpinang ke Dirjen SDA Kementerian PUP. Foto: Istimewa

Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri), Cen Sui Lan, mengungkapkan bahwa sarana folder penanggulangan banjir di Jalan Sri Katon kawasan bandara RFH Tanjungpinang, dibangun pada tahun anggaran 2024. Pembangunan infrastruktur penanggulangan banjir daerah aliran sungai (DAS) di Sungai Pelunggut, Kecamatan Sagulung, Kota Batam juga dibangun pada tahun 2024 mendatang.

Hal itu disampaikan Cen Sui Lan usai mengikuti RDP Komisi V DPR RI dengan Dr Ir Jarot Widyoko Dirjen Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR di Gedung Komisi V DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (10/7/2023). Agenda RDP ini tentang evaluasi kegiatan tahun angagran 2023, dan usulan prioritas tahun anggaran 2024 Ditjen SDA Kementerian PUPR RI.

ADVERTISEMENT

Pada saat RDP tersebut, Cen Sui Lan menyerahkan dokumen program penanggulangan banjir di Jalan Sri Katon, Tanjungpinang, kawasan Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF). Selain itu, Cen Sui Lan juga menyerahkan dokumen aspirasi program pembangunan infrastruktur Daerah Aliran Sungai (DAS) sepanjang 1,8 kilometer di Kelurahan Sungai Pelunggut, Kecamatan Sagulung, Kota Batam. Dokumen tersebut diserahkan kepada Dr Ir Jarot Widyoko Dirjen SDA Kementerian PUPR.

“Pak Dirjen (SDA Kementerian PUPR membangun), folder penanganan banjir di Jalan Sri Katon Tanjungpinang, kawasan Bandara RHF Tanjungpinang itu, tolong dianggarkan pada tahun 2024. Karena, pada tahun 2023 ini belum ada dimasukan dalam program Ditjen SDA Kementerian PUPR,” tegas Cen Sui Lan.

“Insya Allah, folder penanggulangan banjir untuk di wilayah Jalan Sri Katon Tanjungpinang, dan di Sungai Pelunggut, Sagulung, Kota Batam itu dibangun tahun anggaran 2024,” sambung Cen Sui Lan.

Baca: Cen Sui Lan Usulkan Pembangunan Polder Pengendalian Banjir di Pemukiman Sekitar Bandara RHF

Sebelumnya, Cen Sui Lan telah mengusulkan pembangunan folder pengendalian banjir di pemukiman warga sekitar kawasan bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang. Cen Sui Lan menegaskan, pembangunan folder air pengendalian banjir di wilayah Jalan Sri Katon Tanjungpinang Timur itu, sangat prioritas.

Usulan pembangunan folder pengendalian banjir di kawasan Bandara RHF Tanjungpinang itu, disampaikan Cen Sui Lan pada saat Raker antara Komisi V DPR RI dan Basuki Hadi Mulyono Menteri PUPR pada Rabu (7/6/2023) lalu. Program ini diusulkan Cen Sui Lan, berdasarkan aspirasi dari masyarakat dan Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Sungai Pelunggut Batam

Di tempat terpisah, Minggu (2/7/2023) lalu, Cen Sui Lan menerima curhatan atau aspirasi dari warga Kelurahan Sungai Pelunggut, Kota Batam. Di daerah tersebut, terdapat 18 RT yang menjadi kawasan banjir di Sagulung Kota Batam, yang tidak ditangani sejak 20 tahun lalu.

ADVERTISEMENT

Cen Sui Lan didampingi Hotman P Hutasoit Ketua RW di Kelurahan Sungai Pelunggut tersebut meninjau aliran sungai sepanjang kurang lebih 1,8 kilometer yang tak pernah ‘disentuh’ pembangunan dari uang pemerintah tersebut.

Di sela peninjauan tersebut, Hotman P Hutasoit mengungkapkan, banjir yang terjadi di kawasan Sungai Pelunggut pinggiran Kota Batam ini melanda ratusan rumah, di 3 RW dan 18 RT se-Kelurahan Pelunggut, Kecamatan Sagulung, Kota Batam.

Menurut Hotman, apabila hari hujan, warga yang sedang bekerja mencari nafkah merasa was-was, sangat khawatir. Karena rumah tempat tinggal mereka dilanda banjir.

ADVERTISEMENT

“Masalah banjir ini terjadi sejak dulu. Sudah ke mana-mana kami mengadu Bu (Cen Sui Lan). Ke Pemprov Kepri sudah. Ke Pemko Batam sudah. Pun tak ada penyelesaiannya. Cuma janji kosong aja. Tolonglah kami Bu. Bantu kami. Kepada Ibu Cen lah harapan kami,” lirihnya.

Mendengar curhat dan kegelisahan serta pengharapan dari warga 3 RW dan 18 RT tersebut, Cen Sui Lan kepada para Ketua RW dan RT tersebut serta korlap-korlap Cen Sui Lan se-Kecamatan Sagulung, meminta agar foto-foto dan video segera dikirimkan ke Irwansyah selaku koordinator Relawan Cen Sui Lan Kota Batam. Sekaligus titik-titik koordinat kawasan banjir di wilayah Sagulung, Kota Batam tersebut.

“Sekarang, usulan untuk penanggulangan banjir di Sungai Pelunggut, Sagulung, Kota Batam itu sudah saya sampaikan kepada Pak Dirjen SDA Kementerian PUPR. Semoga tahun anggaran 2024 nanti, sudah dibangun,” ucap Cen Sui Lan.

ADVERTISEMENT

Selain persoalan penanggulangan banjir di Jalan Sri Katon Tanjungpinang dan Sungai Pelunggut Kota Batam, Cen Sui Lan juga menyampaikan kepada Dirjen SDA Kementerian PUPR tentang bendungan di daerah Kepulauan Anambas yang tak diperbaiki.

“Di Jemaja Kabupaten Kepulauan Anambas, ada 2 bendungan. Sudah 20 tahun tidak diperbaiki. Tahun anggaran 2023 ini saya minta diperbaiki, karena tidak bisa dipergunakan. Dananya dari sisa anggaran 2023, untuk perbaikan. Kemudian, tahun 2024 nanti, direhab total. Tolong tim survei dari Ditjen SDA meninjau ke Anambas,” pinta Cen Sui Lan kepada Dirjen SDA Kementerian PUPR.

Gabung dan ikuti kami di :

Penulis: | Editor: Redaksi



whatsapp facebook copas link

Baca Lainnya

Kepri Dapat 2 Ekor Sapi Kurban Sumbangan Presiden RI

14 Juni 2024 - 14:50 WIB

Ilustrasi sapi kurban

KPU Kepri Buka Penerimaan 5.906 Pantarlih, Honor Rp 1 Juta

14 Juni 2024 - 14:45 WIB

IMG 20240614 WA0016 11zon

Roby Ingatkan Jangan Ada Pungli Dalam PPDB SD dan SMP di Bintan

12 Juni 2024 - 15:08 WIB

IMG 20240612 WA0018 11zon

Permudah Akses Perizinan, KKP Asistensi Pemanfaatan Ruang Laut di Karimun

12 Juni 2024 - 15:02 WIB

IMG 20240612 WA0012 11zon

Bupati Bintan Sampaikan Ranperda Laporan Pertanggungjawaban APBD 2023

11 Juni 2024 - 12:07 WIB

IMG 20240611 WA0006 11zon

PDAM Tirta Mulia Karimun Perbaikan Pipa, Distribusi Air Bersih Terhenti Sementara

10 Juni 2024 - 14:45 WIB

jq7zzn42z7bsvuycnxpi e1667912657178
Trending di Warta