Menu

Mode Gelap

Hukum Kriminal · 23 Mei 2022 16:58 WIB ·

Bobol ATM Berisi Rp 400 Juta di Batam, 2 Pelaku Berhasil Diringkus


 Konferensi Pers Kasus Pembobolan ATM di Batam. Foto: Istimewa Perbesar

Konferensi Pers Kasus Pembobolan ATM di Batam. Foto: Istimewa

ADVERTISEMENT
advertisement

Sebuah mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di Buana Plaza Tembesi, Kecamatan Sagulung, Kota Batam, Kepulauan Riau dibobol.

Peristiwa ini terjadi pada Senin 2 Mei 2022 sekira pukul 01.38 WIB. Korban pihak PT Swadarma Sarana Informatika (SSI) melapor ke Polsek Sagulung dan ditindaklanjuti.

Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri menyebutkan korban mengalami kerugian Rp 400 juta. Uang tersebut baru saja diisi di ATM.

“ATM tersebut baru saja disini dan setelah kondisi sepi pelaku langsung melakukan aksi pembobolan,” ujar Kombes Pol Nugroho didampingi Kasat Reskrim Polresta Barelang Kompol Abdul Rahman, Kapolsek Sagulung Iptu Nyoman Ananta Mahendra dalam jumpa pers di lobi Polresta Barelang, Senin (23/5).

ADVERTISEMENT
advertisement

Dia menjelaskan pelaku berjumlah tiga orang berinisial S dan AN satu lagi inisial G yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

“Pelaku berhasil diamankan 17 Mei 2022 dua hari setelah laporan korban. Pelaku S diamankan di Jakarta dan AN di wilayah Sagulung, Batam,” katanya.

ADVERTISEMENT

Dijelaskannya, modus pelaku menyemprot CCTV yang berada pada mesin ATM dengan sebuah pilox.

Kemudian, satu orang pelaku masuk ke dalam ruangan mesin ATM tersebut dan mencongkelnya dengan sebuah linggis. Sementara dua pelaku menunggu di luar, sambil memantau situasi.

“Untuk pelaku G (DPO) perannya sebagai driver mobil rental yang di gunakan untuk melakukan pencurian,” ujarnya.

ADVERTISEMENT

Tidak butuh lama bagi pelaku untuk beraksi pencurian tersebut hanya hitungan 10 menit saja pelaku berhasil membawa uang yang baru saja diisi dalam mesin ATM tersebut.

Usut punya usut ternyata pelaku S pernah bekerja sebagai jasa pengisian uang di ATM sehingga aksi pencurian itu dengan mudah dilakukannya.

“Lima buah kaset (tempat penyimpanan uang) berhasil diambil oleh pelaku dengan isi Rp 370.050.000,” katanya.

ADVERTISEMENT

Uang hasil curian tersebut dibagi dengan rata sehingga perorang mendapatkan bagian sebesar Rp 120 juta. Namun uang tersebut telah habis digunakan saat mereka dalam masa pelarian untuk bersenang-senang dan menikmati hiburan malam.

Berkaca dalam kasus ini, Kombes Nugroho mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dengan aksi kejahatan. Selalu pasang CCTV guna memudahkan penyelidikan apa bila ada suatu peristiwa. Baginya tidak ada ruang gerak bagi pelaku kejahatan di Batam.

Selain itu, karena pelaku mengunakan mobil rental untuk operasi. Ia meminta pelaku usaha rental lebih seleksi untuk sewakan mobil ke orang. Hal itu dengan tujuan tidak ada lagi kasus serupa.

ADVERTISEMENT

“Selalu hati-hati untuk menyewakan mobil ke orang. Minta identitas asli agar tidak terjadi penyalahgunaan khususnya untuk kejahatan,” pesan dia.

Kini, untuk mempertanggungjawabkan perbuatan di meja hijau, pelaku dijerat pasal 363 ayat (1) ke 4, ke 5 K.U.H.Pidana dengan ancaman hukuman paling lama 7 tahun penjara.

Dapatkan update berita langsung dari Smartphone anda melalui telegram. Klik t.me/kepripediacom untuk bergabung
Artikel ini telah dibaca 104 kali

Penulis: | Editor: Redaksi


ADVERTISEMENT
advertisement
Tetap terhubung dengan kami:
advertisement
Baca Lainnya

Polisi Tangkap Oknum Guru Ngaji di Batam Cabuli 10 Anak Bawah Umur

30 Juni 2022 - 21:41 WIB

3 Pelaku Curanmor di Batam Diringkus, Sudah Beraksi di 30 TKP

30 Juni 2022 - 20:36 WIB

Paksa Gadis Remaja Nonton Film Porno, Kakek di Tanjungpinang Ditangkap

27 Juni 2022 - 17:23 WIB

Mantan Karyawan Rumah Makan Sambal Ijo di Batam Curi Emas dan Uang Milik Bos

26 Juni 2022 - 13:09 WIB

Imigrasi Batam Deportasi Seorang Warga China

25 Juni 2022 - 14:29 WIB

BC Batam Bantu Gagalkan Penyelundupan Paket Ganja di Samarinda dan Bandung

24 Juni 2022 - 19:51 WIB

Trending di Hukum Kriminal
advertisement