Menu

Mode Gelap

Warta · 26 Jul 2023 12:33 WIB

Cen Sui Lan Pastikan Revitalisasi Pelabuhan ASDP Tanjunguban: Tambah Dermaga Sandar Roro


					Cen Sui Lan saat meninjau pelabuhan ASDP Tanjunguban, Minggu (23/7). Foto: Istimewa Perbesar

Cen Sui Lan saat meninjau pelabuhan ASDP Tanjunguban, Minggu (23/7). Foto: Istimewa

Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri) Cen Sui Lan menyebut pelabuhan ASDP Tanjunguban akan direvitalisasi.

Hal itu diungkapkannya usai melakukan kunjungan kerja pengawasan ke tersebut, Minggu (23/7).

ADVERTISEMENT

Pada saat kunjungan kerja pengawasan ke Pelabuhan ASDP Tanjunguban, Cen Sui Lan didampingi Rudi Chua Anggota DPRD Provinsi Kepri. Turut hadir Dinda staf BPTD Kepri Ditjen Hubdat Kemenhub, Nana Sutisna Kepala Cabang Batam PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP).

Kunjungan pengawasan ke Pelabuhan Roro ASDP Tanjunguban ini guna memastikan pelayanan kepada masyarakat Kepri yang menggunakan jasa transportasi penyeberangan roro, dari Punggur-Tanjunguban (PP).

Dalam peninjauan pelabuhan roro di Tanjunguban tersebut, Cen Sui Lan menerima penjelasan dari Nana Sutisna tentang progres revitalisasi dermaga roro Tanjunguban. Revitalisasi ini agar bisa memberikan kenyamanan dan kelancaran arus barang, orang dan jasa yang dikelola ASDP tersebut.

Cen Sui Lan menuturkan akan dilakuan penambahan dermaga sandar kapal roro di pelabuhan Tanjunguban tersebut, menjadi 2 tempat sandar Kapal. Sehingga bisa memberikan optimalisasi dalam melayani masyarakat pengguna jasa kapal roro. Serta bisa meningkatkan aktivitas ekonomi dan memberikan dampak untuk kesejahteraan masyarakat. Tujuan akhirnya, bisa menumbuhkan perekonomian masyarakat.

“Kita revitalisasi Pelabuhan ASDP Tanjunguban ini, dermaga sandar kapal roro ditambah,” tegas Cen Sui Lan saat memberikan keterangan kepada media, Senin (24/7).

Justru itu, Cen Sui Lan meminta agar gedung yang ada di kawasan dermaga kapal roro Tanjunguban segera direhabilitasi dan digunakan untuk ruang tunggu pengguna jasa roro. Agar bisa memberikan pelayanan dan kenyamanan bagi maayarakat.

Cen Sui Lan mengungkapkan, kawasan dermaga kapal roro di Tanjunguban segera dibenahi. Terutama dermada sandar kapal roro dari satu tempat sandar, menjadi 2 dermaga sandar. Hal ini guna melancarkan proses pelayanan penumpang agar dapat melayani lebih maksimal. Baik dari segi waktu maupun peningkatan kapasitas trip dan jadwal pelayanan.

ADVERTISEMENT

“Revitalisasi dermaga juga dengan menambah kanopi, agar pengguna tidak kena hujan atau panas, sehingga nyaman. Gedung yang tidak digunakan, agar segera direnov. Sehingga berfungsi sebagai ruang tunggu penumpang kapal roro Tanjunguban,” jelas Cen Sui Lan.

Kunjungan kerja pengawasan tersebut dilakukan, karena sebelumnya Cen Sui Lan menerima laporan dari Rudi Chua Anggota DPRD Provinsi Kepri tentang keluhan masyarakat Kepri yang menggunakan jasa kapal roro rute Tanjunguban-Punggur Batam yang tidak terlayani dengan baik. Bahkan menurut laporan Rudi, bahwa hari Sabtu dan Minggu serta hari-hari libur nasional, pelayanan kapal roro di Tanjunguban, crowded dan menunggu 3 atau 4 jam di laut untuk sandar.

“Saya sudah mintakan agar dermaga sandar roro ini dijadikan 2 tempat. Untuk sekarang, lagi disiapkan plengsengan untuk jangka pendek agar bisa melayani kebutuhan masyarakat. Dan itu pihak PT ASDP segera mengeksekusinya,” ujar Cen Sui Lan.

ADVERTISEMENT
cen sui lan meninjau kondisi dermaga sandar kapal roro di pelabuhan ASDP tanjunguban f suaraserumpun.com

Cen Sui Lan melihat kondisi dermaga sandar kapal roro di Pelabuhan ASDP Tanjunguban, Minggu (23/7). Foto: Istimewa

Cen Sui Lan menegaskan lagi, bahwa yang ditugaskan sekarang menjadi Kepala Cabang ASDP Batam ini Nana Sutisna. Pejabat yang berpengalaman di ASDP Merak-Bakau Huni yang mengelola pelayanan yang besar dan berkapasitas tinggi, agar bisa menuntaskan sarana dan prasarana dermaga roro dan kualitas yang memadai.

“Seperti memberikan kepastian jadwal keberangkatan dan kedatangan serta kenyamanan dan kualitas service lainnya,” harap Cen Sui Lan yang juga Ketua Pembina Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Provinsi Kepri.

ADVERTISEMENT

“Dermaga roro permanen tambahan Tanjunguban akan dibangun pada tahun anggaran 2024, dengan pagu sebesar Rp100 miliar,” sebut Cen Sui Lan setelah menerima rencana rehabilitasi pembangunan dermaga roro permanen Tanjunguban dari Nana Sutisna Kepala Cabang Batam PT ASDP pada kunjungan kerja pengawasan tersebut.

Gabung dan ikuti kami di :

Penulis: | Editor: Redaksi



whatsapp facebook copas link

Baca Lainnya

SAR Natuna Tutup Siaga Khusus Idul Fitri 1445 H: Semua Lancar dan Aman

19 April 2024 - 16:50 WIB

IMG 20240419 WA0005 11zon

Tahun 2024, Pemda Bintan Targetkan Cover BPJS Ketenagakerjaan Gratis Bagi 3.000 Pekerja Rentan

19 April 2024 - 14:47 WIB

Ilustrasi BPJS Ketenagakerjaan

Wanita 55 Tahun Asal Rengat Terlantar di Pelabuhan Roro Jagoh, Begini Kisahnya

18 April 2024 - 14:49 WIB

Polisi menemui Yuliati yang terlantar di Pelabuhan Roro Jagoh

Tarif Kapal Roro Rute Karimun – Sei Pakning untuk Penumpang dan Kendaraan

18 April 2024 - 09:32 WIB

IMG 20240418 WA0001

Arus Balik Mudik, Penumpang Padati Pelabuhan Roro Parit Rempak Karimun

18 April 2024 - 09:25 WIB

IMG 20240418 WA0006 11zon

Kapal MV Layar Anggun 8 Terbakar di Perairan Berakit

17 April 2024 - 19:06 WIB

IMG 20240417 WA0007 11zon
Trending di Warta