Menu

Mode Gelap

Ekonomi Bisnis · 18 Apr 2022 12:30 WIB ·

Dirjen Minerba: Pendelegasian Izin Tambang ke Provinsi Masih Sosialisasi


 Dirjen Minerba: Pendelegasian Izin Tambang ke Provinsi Masih Sosialisasi Perbesar

Pendelegasian pemberian Perizinan Berusaha di Bidang Pertambangan Mineral dan Batubara (minerba) yang termaktub dalam Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonesia Nomor 55 tahun 2022 masih dalam tahap sosialisasi.

Hal tersebut disampaikan Direktorat Jenderal pertambangan mineral dan batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ridwan Djamaluddin saat menggelar jumpa pers melalui virtual zoom Senin (18/04) yang di ikuti oleh pengusaha tambang pasir dan batu bara, serta perwakilan dari pemerintah daerah provinsi.

Menurutnya saat ini, Dirjen Minerba masih melakukan koordinasi dengan pemerintah provinsi tentang berbagai fasilitas dan kesiapan lainnya, untuk memberikan kemudahan pelayanan dan transparansi dalam menjalankan amanah dari peraturan presiden tersebut.

“Kewenangan yang kita berikan tersebut tidak semuanya, hanya sebagian yang dilakukan oleh provinsi sementara sebagiannya lagi masih di kita,” sebutnya.

ADVERTISEMENT
advertisement

Sementara itu Direktur pembinaan dan pengusahaan mineral Ditjen Minerba Kementerian ESDM Sugeng Mujianto menyampaikan, adapun kewenangan yang di delegasikan ke pemerintah provinsi diantaranya pemberian sertifikat standar, izin SOP, RKAP, kemudian pembinaan atas pelaksanaan perizinan berusaha dan pengawasan atas pelaksanaan perizinan berusaha.

“Jadi proses penerbitan perpres ini cukup panjang kita godok, hampir setahun lebih dan terbit pada tanggal 11 April yang lalu,” kata Sugeng Mujianto.

ADVERTISEMENT

Adapun izin-izin yang nantinya akan di delegasikan kepada pemerintah provinsi diantaranya IUP dalam rangka PMDN untuk komoditas mineral bukan logam, mineral bukan logam tertentu, dan batuan dengan ketentuan berada dalam 1 daerah provinsi, atau wilayah laut sampai dengan 0-12 mil.

“Kemudian Surat izin penambangan batuan (SIPB), Izin pertambangan rakyat (IPR), dan Izin pengangkatan dan penjualan untuk komoditas mineral bukan logam, mineral bukan logam jenis tertentu dan batuan,” jelasnya.

Selain itu Izin usaha jasa pertambangan (IUJP) dan Izin usaha untuk penjualan komoditas mineral bukan logam, mineral bukan logam jenis tertentu dan batuan juga di delegasikan ke pemerintah provinsi.

ADVERTISEMENT

Kemudian untuk pembinaan mulai dari pemberian norma, standar, pedoman dan kriteria pelaksanaan usaha pertambangan juga akan di delegasikan ke provinsi, termasuk juga pemberian bimbingan teknis, konsultasi, mediasi dan atau fasilitas, serta pengembangan kompetensi tenaga kerja pertambangan.

Adapun pengawasan mulai dari perencanaan pengawasan, pelaksanaan pengawan dan monitoring evaluasi dan pengawasan juga di delegasikan ke provinsi.

“Gubernur nanti menugaskan Inspektur tambang dan pejabat pengawas, dan jika belum terdapat pejabat pengawas, gubernur sebagai wakil pemerintah pusat dapat menunjuk pejabat yang melaksanakan fungsi pengawasan aspek pengusahaan,” terangnya.

ADVERTISEMENT

Nantinya Inspektur tambang dan pejabat pengawas wajib melaporkan hasi pengawasan kepada gubernur. Jika dalam hal pengawasan terdapat pelanggaran terhadap kaidah teknik pertambangan yang baik, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, gubernur wajib menindaklanjuti dalam bentuk pembinaan, pemberian sanksi administratif.

Dapatkan update berita langsung dari Smartphone anda melalui telegram. Klik t.me/kepripediacom untuk bergabung
Artikel ini telah dibaca 139 kali

Penulis: | Editor: Redaksi


Tetap terhubung dengan kami:

Baca Lainnya

Pemprov Kepri Salurkan Bantuan untuk Mubaligh se Kepri, Masing-masing Rp 1 Juta

4 Desember 2022 - 15:58 WIB

Hasil Visum Pemilik Kartu Pers yang Tewas Tergantung di Batam: Tidak Ada Tanda Kekerasan

4 Desember 2022 - 14:13 WIB

Sepanjang 2022, 36 Ribu Lahan di Kepri Selesai Disertifikasi

4 Desember 2022 - 13:35 WIB

Seorang Pelajar di Karimun Meninggal Terseret Arus Parit

3 Desember 2022 - 22:29 WIB

Limbah Minyak Cemari Wilayah Tanjunguncang Batam

3 Desember 2022 - 22:14 WIB

Telkom Dukung Akselerasi Digital Sektor Peternakan dengan Platform Antares

1 Desember 2022 - 23:16 WIB

Trending di Ekonomi Bisnis
advertisement