Menu

Mode Gelap

Kuliner Wisata · 17 Nov 2021 13:44 WIB ·

Dispar Kepri Usulkan 9 Titik Mercusuar Jadi Destinasi Wisata Baru


 Salah satu mercusuar yang berada di Pulau Terkulai, Tanjungpinang. Foto: inilah.Kepri.id
Perbesar

Salah satu mercusuar yang berada di Pulau Terkulai, Tanjungpinang. Foto: inilah.Kepri.id

Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau mengusulkan sejumlah mercusuar di Kepulauan Riau untuk dijadikan destinasi wisata baru bagi wisatawan. Usulan tersebut disampaikan kepada Distrik Navigasi Kelas I Tanjungpinang selaku pemilik mercusuar tersebut.

Bangunan yang dirancang khusus sebagai pemandu navigasi bagi kapal di laut ini ternyata memiliki daya tarik wisata yang cukup menarik. Keunikan, sejarah, keindahan alam yang tidak dapat ditepis, laut dan pantai di Kepri bisa jadi potensi yang sangat menarik kunjungan wisatawan ke destinasi menara suar tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau, Buralimar, menyampaikan pihaknya telah menawarkan usulan 9 lokasi mercusuar aset Distrik Navigasi Kelas I Tanjungpinang untuk dikembangkan menjadi daya tarik wisata baru di Kepri.

Buralimar melanjutkan untuk tahap awal (pilot project) akan dimulai untuk survey lokasi mercusuar di Pulau Putri, Nongsa, Batam. Serta membahas segala aspek seperti legalitas, status lahan, dan potensi pengembangan situs mercusuar.

ADVERTISEMENT

Termasuk pembahasan tentang pemahaman dan pengaturan pelaku usaha, masyarakat, kelompok eksisting, dan koordinasi dengan penjaga suar di lapangan.

“Untuk tahap awal sebagai pilot project akan dimulai untuk survey lokasi mercusuar di Nongsa, Pulau Putri, Batam. Mercusuarnya dibuat pada zaman Belanda, sampai saat ini masih bagus,” kata Buralimar, Selasa (16/11).

Selain mercusuar di Pulau Putri, Dispar Provinsi Kepri juga telah mendata sejumlah mercusuar yang ada di Kabupaten dan Kota lainnya di Kepri, yang juga berpotensi untuk menjadi destinasi wisata Mercusuar.

Seperti di Pulau Terkulai, Pulau Karas, Kota Batam, Kota Tanjungpinang, Berakit, Kabupaten Bintan, dan Pulau Berhala di Kabupaten Lingga.

ADVERTISEMENT

“Jadi selain ada pesona alam, ada nilai historisnya. Suatu saat akan ada festival international di sana seperti jazz, dan jetsky juga di sana,” tandas Buralimar.

Dapatkan update berita langsung dari Smartphone anda melalui telegram. Klik t.me/kepripediacom untuk bergabung
Artikel ini telah dibaca 2 kali

Penulis: | Editor: Redaksi


advertisement
Tetap terhubung dengan kami:
Baca Lainnya

Taman Migas Tun Telani Dompak Resmi Dibuka, Tambah Tempat Hiburan Masyarakat di Tanjungpinang

17 Januari 2022 - 16:43 WIB

Akhir Pekan, Objek Wisata Pantai Pelawan Karimun Ramai Pengunjung

9 Januari 2022 - 15:13 WIB

Berburu Pakaian Bekas dengan Kualitas Bermerek di Pasar Puakang Karimun

21 Desember 2021 - 18:08 WIB

Kolam Pancing ‘Suka-Suka’ Esan Berkah Ramai Pengunjung di Akhir Pekan

19 Desember 2021 - 12:24 WIB

Event Olahraga dan Rekreasi ‘KasmaRUN’ Bintan Resort Digelar

18 Desember 2021 - 21:05 WIB

Siap-siap! Akan Ada 200 Event Diluncurkan Dispar Kepri di CoE 2022

9 Desember 2021 - 17:10 WIB

Trending di Kuliner Wisata