Menu

Mode Gelap

Buzz · 30 Mei 2022 12:06 WIB ·

Ini Kecanggihan TV Digital Dibandingkan Analog


 Ilustrasi perpindahan tv analog ke digital. Foto: Dok Kominfo Perbesar

Ilustrasi perpindahan tv analog ke digital. Foto: Dok Kominfo

Perkembangan digitalisasi yang semakin pesat membuat Indonesia kemudian harus melakukan penyesuaian dalam berbagai sektor.

Salah satunya di sektor penyiaran yang dimigrasi atau (perpindahan) TV Analog ke digital. Beralihnya TV digital ini di antaranya juga untuk peningkatan kualitas. Pasalnya TV digital disebut-sebut lebih optimal bahkan memiliki nilai tambah penataan frekuensi dalam aktivitas industri penyiaran.

Hal ini terlihat ketika pengguna TV analog berada di lokasi yang semakin jauh dari stasiun pemancar televisi, maka sinyal akan melemah dan akhirnya membuat gambar yang diterima akan buruk. Sementara jika sudah menggunakan saluran TV digital, kualitasnya tinggi sehingga tampilan akan jauh lebih jernih.

Dr Rosarita Niken Widiastuti staf khusus Menkominfo RI selalu Ketua Pokja Komunikasi Publik Gugus Tugas ASO 2022 menyebutkan, untuk mendukung migrasi ini, pemerintah akan memberikan set top box (STB) ke masyarakat kurang mampu.

ADVERTISEMENT
advertisement

“Ada sebanyak 6,7 juta STB akan disubsidi ke masyarakat yang kurang mampu,” ujar dia dalam acara bimtek TV Analog Diskusi Filellowship Jurnalisme beberapa waktu lalu.

Adapun STB gratis ini akan dibagikan sesuai dengan rencana penghentian siaran TV analog atau Analog Switch Off (ASO). Di mana untuk tahapan pertama pembagian dan pemasangan perangkat STB ini dimulai 15 Maret hingga 30 April 2022.

ADVERTISEMENT

Selian itu, bagi masyarakat yang ingin beli sendiri STB diminta untuk melakukan verifikasi label atau sertifikasi kominfo.

“Sertifikasi Kominfo adalah bentuk jaminan bahwa STB pasti bisa digunakan. Semua fitur di siaran digital bisa berfungsi optimal,” katanya.

Ia menyebutkan pemerintah berupaya untuk mensukses ASO, hal ini sejalan dengan perintah Presiden Jokowi mengenai lima langkah percepatan tranformasi digital termasuk mengoptimalkan pita frekuensi 700 MHz.

ADVERTISEMENT

Selama ini pita radio 328 MHz digunakan untuk seluruh penyiaran TV analog. Dengan migrasi ke TV digital maka pengunaan spektrum frekuensi tidak sampai jumlah itu. Sehingga ada efisiensi dapat meningkatkan pemerataan infrastruktur digital dan peningkatan internet.

Sebelumnya Pemerintah Kepulauan Riau telah memulai migrasi atau peralihan dari TV Analog ke TV Digital. Untuk di Kepri tepatnya Bintan, Karimun, Tanjungpinang, dan Batam, siaran TV Analog telah dihentikan mulai 30 April 2022 ini.

Dengan peralihan tersebut, Pemprov Kepri mulai membagikan Set Top Box (STB) secara gratis ke masyarakat. Penyerahan ini secara simbolis dilakukan oleh Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, kepada masyarakat Kampung Bulang, Tanjungpinang, Senin (25/4).

ADVERTISEMENT

Ansar menjelaskan, pemerintah akan memberikan bantuan STB secara gratis sebanyak 31.815 unit kepada masyarakat yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS ) Kementerian Sosial.

Sementara ini, untuk di Kota Tanjungpinang akan dibagikan sebanyak 4.863 unit STB yang serahkan melalui PT POS Indonesia.

Dapatkan update berita langsung dari Smartphone anda melalui telegram. Klik t.me/kepripediacom untuk bergabung
Artikel ini telah dibaca 97 kali

Penulis: | Editor: Redaksi


Tetap terhubung dengan kami:

advertisement
Baca Lainnya

Kolaborasi IndiHome dan Vidio Siap Manjakan Penggemar Piala Dunia 2022

19 November 2022 - 17:56 WIB

Cek! Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi PPPK Guru 2022 di Lingga

18 November 2022 - 14:02 WIB

Beragam Blaze Cocktails dan Smoked Brisket Bar di BWP Panbil

14 November 2022 - 10:33 WIB

Mengenal Maripay, Solusi Digital Permudah Transaksi Keuangan Pekerja Migran di Malaysia

11 November 2022 - 15:44 WIB

Ini Waktu Melihat Gerhana Bulan dan Live Streaming BMKG

8 November 2022 - 15:51 WIB

Peserta JKN Kini Cukup Tunjukkan KTP untuk Berobat ke Faskes

3 November 2022 - 11:46 WIB

Trending di Buzz
advertisement