Menu

Mode Gelap

Buzz · 6 Jan 2022 18:48 WIB ·

Ini Tanda Kalau Masih Belum Bisa Mengontrol Amarah


 Ilustrasi meluapkan emosi. Foto: RobinHiggins/pixabay. Perbesar

Ilustrasi meluapkan emosi. Foto: RobinHiggins/pixabay.

Masing-masing dari kita tentunya memiliki emosi amarah dalam diri yang muncul beriringan dengan suasana hati. Umumnya karena faktor eksternal yang datang.

Tidak sedikit yang kemudian berpengaruh pada diri kita dalam mengambil keputusan yang kadang justru membuat bertindak gegabah dan menjadi fatal.

Amarah juga menyebabkan fikiran tidak jernih karena kita dapat mengambil langkah yang tidak baik tanpa sadar.

Nah, apakah kalian menyadari kalau sebenarnya ada tanda-tanda seseorang mampu atau tidak dalam mengontrol emosi?

ADVERTISEMENT

Dikutip dari idntimes, Berikut penjelasannya:

Suasana Hati yang Mudah Berubah Mendadak

Seseorang yang belum bisa mengontrol emosinya dengan baik cenderung memiliki suasana hati yang gampang berubah. Misalnya saja, meski tengah di suasana ramai seperti nongkrong atau kumpul keluarga, suasana hati tiba-tiba menjadi tidak mood.

Jika disaat itu ada yang melihat perubahan wajah dan prilaku kira, bisa disebut kalian belum memiliku kemampuan untuk mengontrol emosi.

Jika hal itu sering terjadi, belajarlah untuk mengontrol suasana hati saat bersama orang lain. Setidaknya, momen bersama ini tidak terganggu karena emosi yang selalu berubah.

ADVERTISEMENT

Meluapkan Emosi di Media Sosial

Tidak sedikit dari kita juga sering meluapkan amarah dan emosi di media sosial. Karena memang ini lah tempat yang kita anggap paling pas mencurahkan emosi tanpa harus berhadapan langsung dengan orang-orang terkait.

Tapi, ini adalah salah satu tanda kita masih belum bisa mengontrol emosi. Karena media sosial juga merupakan ranah publik. Orang-orang akan melihat emosi yang disampaikan.

Buruknya, ini kadang kala menjadi boomerang, karena citra dan kesan buruk dari orang lain terhadap kita bisa saja muncul akibat amarah di sosmed yang disampaikan. Coba lah untuk meluapkan amarah secara terkontrol tanpa harus diumbar ke medsos.

Membesarkan Masalah Kecil

Yang biasa membesar-besarkan masalah sepele bisa jadi salah satu faktor yang paling menonjol dari gagalnya seseorang tidak bisa mengontrol emosi.

Umumnya sikap ini muncul karena belum terbiasa mengontrol dan mengarahkan emosi menjadi satu titik untuk mencari solusi. Justru lebih fokus pada hal-hal yang membuat kita berputar-putar pada masalah yang ada.

Cobalah untuk berfikir secara jernih dan menghindari fikiran negatif terhadap segala sesuatu. Supaya emosi bisa terkontrol.

Tidak Mood Seharian saat Emosi

Terakhir hal yang paling menonjol dari tanda belum bisa mengontrol amarah adalah selalu terbawa suasana hati. Bahkan membawa amarah kepada hal-hal yang tidak berhubungan.

Misalnya akibat amarah, kalian menjadi tidak mood seharian dan malah mengaitkan segala hal dengan emosi yang muncul saat itu.

Nah, lebih baik fokus dan tidak mudah kedistract sama emosi yang muncul. Jangan overthinking dan yakin kalau masalah pasti ada jalan keluarnya.

Dapatkan update berita langsung dari Smartphone anda melalui telegram. Klik t.me/kepripediacom untuk bergabung
Artikel ini telah dibaca 7 kali

Penulis: | Editor: Redaksi


advertisement
Tetap terhubung dengan kami:
Baca Lainnya

Peneliti Temukan 7 Flora Baru di Hutan Sumatera dan Sulawesi

23 Januari 2022 - 13:02 WIB

Wow! Dokter di Amerika Sukses Cangkok Jantung Babi ke Manusia

12 Januari 2022 - 14:17 WIB

Mengenal DVB-T2, Teknologi untuk Tangkap Siaran Digital

12 Januari 2022 - 13:13 WIB

Vaksin Booster Gratis atau Bayar? Simak Penjelasannya

11 Januari 2022 - 18:14 WIB

Berbeda dari Tahun Lalu, Ini Kisi-kisi Tes UTBK SBMPTN 2022

7 Januari 2022 - 01:05 WIB

Berikut Daftar Harga Tiket MotoGP Mandalika 2022 Beserta Link Beli Online

6 Januari 2022 - 20:36 WIB

Trending di Buzz