Menu

Mode Gelap

Warta · 4 Apr 2023 11:51 WIB

Insiden Kilang Minyak Dumai dan Plumpang Jakarta Jangan Sampai Terjadi di Lingga


					Pelabuhan Tanjungbuton, Daik Lingga, yang menjadi tempat bongkar muat BBM milik PLN. Foto: Istimewa Perbesar

Pelabuhan Tanjungbuton, Daik Lingga, yang menjadi tempat bongkar muat BBM milik PLN. Foto: Istimewa

Setelah insiden meledaknya Depo Pertamina di Plumpang Jakarta Utara pada 3 Maret lalu, dan baru-baru ini kembali terjadi di Kilang Pertamina, Dumai Riau pada Sabtu (1/4) malam, mengingatkan kembali pentingnya terminal khusus bagi aktivitas kegiatan pengangkutan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Kabupaten Lingga, yang sempat ditegur oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga.

Hingga saat ini pihak PT. Sinar Singkep alias Akun maupun PT. PLN (Persero) UP 3 Tanjungpinang yang merupakan, pemilik dari Bahan Bakar Minyak (BBM) tersebut, tidak memberikan respon sama sekali terhadap beberapa surat yang sudah dilayangkan oleh pemerintah Kabupaten Lingga, melalui Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga.

ADVERTISEMENT

Baca: Bongkar Muat BBM di Dermaga Tanjung Buton, Bahayakan Aktivitas Masyarakat

Terbaru Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga, kembali berkirim surat ke Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) untuk melaporkan aktivitas dari Perusahaan Pelayaran Nasional PT Sinar Singkep, yang melakukan bongkar muat di Dermaga angkutan umum bagi masyarakat, yang digunakan untuk penumpang, nelayan dan masyarakat sekitar.

“Seharusnya ini menjadi pelajaran bagi pihak-pihak yang mengabaikan, surat yang telah diterbitkan oleh Dishub Lingga, karena dua kejadian di waktu yang berdekatan ini, meledaknya kilang minyak milik pertamina,” ujar salah satu warga Lingga.

Baca: PT SSS Abaikan Keselamatan Aktivitas Warga Sekitar Pelabuhan Tanjung Buton

Tentu menurutnya hal itu sangat berbahaya, apalagi aktivitas bongkar muat tersebut dilakukan diruang terbuka, tanpa standard keamanan sama sekali, dan sangat dekat dengan aktifitas masyarakat, nelayan maupun warga yang sering berwisata menghabiskan waktu di Pelabuhan Tanjungbuton.

“Ini tingkat bahayanya sangat tinggi sekali, seharusnya dapat menjadi pelajaran penting dengan dua kejadian itu, standard keamanannya sudah teruji, tapi masih kebobolan apalagi ini tidak memiliki standard sama sekali,” ujarnya.

Sementara itu Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga melalui Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga, Hendry Efrizal sudah berkirim surat ke BPH Migas, tertanggal 27 Maret 2023, dengan tembusan Bupati Lingga, Wakil Bupati Lingga, Ketua DPRD Lingga, Kepala PT. PLN UP3 Tg Pinang, Kepala ULP PLN di Daik Lingga dan Dabosingkep, serta Kepala KUPP di Dabosingkep.

ADVERTISEMENT

Dimana isi surat tersebut, tentang kegiatan PT SS yang membuka secara sepihak segel, yang diterbitkan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga, dan mengabaikan plank pengumuman yang dipasang oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga larangan bongkar muat BBM di Dermaga Tanjungbuton.

“Iya benar kami sudah berkirim surat, karena peringatan yang kita sampaikan tidak diindahkan, dan mungkin kami akan libatkan pihak lainnya jika masih melakukan aktifitas di sekitar Dermaga Tg Buton, karena itu sangat berbahaya,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga Hendry Efrizal.

Gabung dan ikuti kami di :

Penulis: | Editor: Redaksi



whatsapp facebook copas link

Baca Lainnya

Asyik! Ada Beasiswa untuk 1.500 Mahasiswa Kepri Berprestasi di Tahun 2024

1 Maret 2024 - 14:28 WIB

images 6

Polda Kepri Gelar Operasi Keselamatan Seligi 2024 Selama 14 Hari ke Depan

1 Maret 2024 - 14:21 WIB

Wakapolda Kepri Brigjen Pol Asep Safrudin. Foto: Ist/kepripedia.com

Ribuan Pencaker Ikuti Job Fair 2024 di Bintan, Begini Harapan Roby Kurniawan

1 Maret 2024 - 12:37 WIB

Bupati Bintan Roby Kurniawan mengunjungi Job Fair 2024

Kecam Pengusiran Wartawan Liput Rekapitulasi, Ketua PWI Lingga: Ini Tidak Baik

1 Maret 2024 - 10:35 WIB

Ketua PWI Lingga Jhony Prasetya

KPU Lingga soal Ada Wartawan Diusir: Keterbatasan Ruangan

29 Februari 2024 - 18:09 WIB

Ketua KPU Lingga Ardhy Aulia

Heboh Wartawan Liput Rekapitulasi Suara Diusir, Bawaslu Lingga: Perhitungan Harus Terbuka

29 Februari 2024 - 17:52 WIB

Ketua Bawaslu Lingga Fidya Asrina
Trending di Warta