Menu

Mode Gelap

Warta · 8 Jun 2023 10:34 WIB

Jembatan Senayang-Sebangka Bakal Dibangun Tahun 2024, Cen Sui Lan: Buka Akses Daerah


					Cen Sui Lan saat rapat Komisi V DPR RI bersama Menteri PUPR, Rabu (7/6). Foto: dok DPR RI Perbesar

Cen Sui Lan saat rapat Komisi V DPR RI bersama Menteri PUPR, Rabu (7/6). Foto: dok DPR RI

Kabar gembira bagi masyarakat Lingga, jembatan Senayang-Sebangka di Kabupaten Lingga yang didambakan selama ini, akan dibangun pada tahun anggaran 2024 mendatang.

Hal itu disampaikan anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri), Cen Sui Lan.

ADVERTISEMENT

Aspirasi masyarakat Lingga tersebut disampaikan Cen Sui Lan dalam rapat kerja (Raker) Komisi V DPR RI dengan Menteri PUPR, Rabu (7/6) di ruang rapat Komisi V DPR RI Gedung DPR RI Senayan, Jakarta. Raker ini membahas tentang pembicaraan awal RKP/RKA Kementerian PUPR tahun anggaran 2024, dan evaluasi kegiatan tahun anggaran 2023. Serta tindak lanjut temuan BPK RI tahun anggaran 2022.

Dalam Raker ini, Cen Sui Lan mengusulkan beberapa program pembangunan di Provinsi Kepulauan Riau. Satu di antaranya, Cen Sui Lan meminta pembangunan jembatan penghubung Senayang ke Sebangka, pada untuk tahun anggaran 2024. Usulan Cen Sui Lan ini langsung disetujui oleh Menteri PUPR RI.

Usulan pembangunan jembatan Senayang-Sebangka di Kabupaten Lingga ini merupakan aspirasi masyarakat Senayang yang disampaikan kepada Cen Sui Lan ketika melakukan Kunjungan Daerah Pemilihan (Kundapil) pada pertengahan Mei 2023 lalu, ke Senayang Kabupaten Lingga. Dari hasil Kundapil ini, pihak BPJN Kepri Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR langsung merapikan DED dan RAB yang sudah dibuat pihak Pemkab Lingga.

“Sekarang, pihak BPJN Kepri lagi membereskan semuanya, agar ready,” tegas Cen Sui Lan setelah mendapat penjelasan dari Hedy Rahardian Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, di sela Raker Komisi V DPR RI dengan Menteri PUPR tersebut.

Cen Sui Lan menjelaskan, jembatan yang menghubungkan Pulau Senayang dan Pulau Sebangka Kecamatan Senayan, Kabupaten Lingga ini, dapat meningkatkan perekonomian dan pariwisata serta membuka daerah pertumbuhan ekonomi baru.

Cen Sui Lan menyampaikan, di Kabupaten Lingga perlu pembangunan jembatan yang menghubungkan (konektivas) dua pulau, Senayang dan Sebangka tersebut. Pulau Senayang, itu pusat pemerintahan dengan kondisi daerah tidak memadai. Kantor-kantor pemerintah dipindahkan ke Senayang. Cuma, untuk ke Senayang itu harus naik kapal. Sangat tidak efisien.

“Dengan membangun jembatan itu, akan membuka akses daerah. Membuka perekonomian dan membuka pariwisata. Tolong dibantu pembangunan jembatan Senayang ke Sebangka, di Kabupaten Lingga ini,” pinta Cen Sui Lan kepada Menteri PUPR, yang langsung disetujui.

ADVERTISEMENT

Sebelumnya, Cen Sui Lan menerima aspirasi dari Bupati Lingga Muhammad Nizar, pada saat Kundapil ke Kabupaten Lingga, Minggu (15/5/2023) sampai Rabu (7/5/2023). Selain dari bupati, Cen Sui Lan juga menerima aspirasi masyarakat saat berkunjung ke Senayang.

Dari Bupati Lingga, aspirasi yang diterima Cen Sui Lan itu tentang rencana pembangunan strategis berupa infrastruktur di Kabupaten Lingga. Seperti pembangunan waduk, pengadaan roro mini untuk Senayang sekitarnya. Revitalisasi Kota Dabo, hingga preservasi jalan nasional. Selain itu, masyarakat di Senayang juga meminta pembangunan jembatan, selain penyediaan kapal roro mini.

“Pulau Sebangka bisa dikembangkan untuk kawasan industri dan pariwisata, dan pulaunya sangat luar dan besar. Ini salah satu pulau yang menjadi sentral pertumbuhan baru di Kabupaten Lingga,” ungkap Cen Sui Lan yang ketika melakukan Kundapil menerima aspirasi dari Indra Jaya Putra Camat Senayang dan ratusan tokoh masyarakat Kecamatan Senayang yang melakukan dialog dengan Cen Sui Lan di Kantor Camat Senayang.

ADVERTISEMENT
Gabung dan ikuti kami di :

Penulis: | Editor: Redaksi



whatsapp facebook copas link

Baca Lainnya

Insiden “Pengusiran” Wartawan Berakhir Damai, KPU Lingga Minta Maaf: Harap Tak Terulang

2 Maret 2024 - 17:17 WIB

Ketua KPU Lingga bertemu sejumlah wartawan

NasDem Paling Banyak, Berikut 25 Nama Bakal Duduki Kursi DPRD Lingga

2 Maret 2024 - 16:21 WIB

Kantor DPRD Lingga

Hasil Lengkap Perolehan Suara Pemilu DPRD Kabupaten Lingga 2024

1 Maret 2024 - 21:36 WIB

Hasil Pemilu 2024 DPRD Kabupaten Lingga

Asyik! Ada Beasiswa untuk 1.500 Mahasiswa Kepri Berprestasi di Tahun 2024

1 Maret 2024 - 14:28 WIB

images 6

Polda Kepri Gelar Operasi Keselamatan Seligi 2024 Selama 14 Hari ke Depan

1 Maret 2024 - 14:21 WIB

Wakapolda Kepri Brigjen Pol Asep Safrudin. Foto: Ist/kepripedia.com

Ribuan Pencaker Ikuti Job Fair 2024 di Bintan, Begini Harapan Roby Kurniawan

1 Maret 2024 - 12:37 WIB

Bupati Bintan Roby Kurniawan mengunjungi Job Fair 2024
Trending di Warta