Menu

Mode Gelap

Hukum Kriminal · 12 Jan 2022 13:05 WIB ·

Kejari Karimun Selidiki Dugaan Korupsi Anggaran di Baperlitbang Tahun 2020


 Ilustrasi korupsi. Foto: istimewa
Perbesar

Ilustrasi korupsi. Foto: istimewa

Kejaksaan Negeri Karimun, Kepulauan Riau, melakukan penelusuran terhadap dugaan penyelewengan anggaran perjalanan dinas dan biaya makan minum rapat tahun 2020 pada Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Baperlitbang) Karimun.

Kepala Seksi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Karimun, Tiyan Andesta, mengatakan hingga saat ini delapan orang Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Baperlitbang Karimun sudah menjalani pemeriksaan atas adanya dugaan korupsi tersebut.

“Terakhir kita sudah periksa 8 orang PPTK. Selanjutnya kita masih akan menelusuri dan meminta keterangan PPTK lainnya. Total ada sekitar 20 PPTK yang akan kita panggil,” ujar Tiyan, Rabu (12/1).

Pemeriksaan itu dilakukan untuk meminta keterangan adanya perjalanan dinas pada sejumlah kegiatan di tahun 2020. Atas dasar keterangan tersebut, pihaknya akan menelusuri kepada pihak penyedia jasa untuk memastikan kebenaran penggunaan anggaran itu.

ADVERTISEMENT
advertisement

“Kita akan telusuri ke penyedianya. Misal, berangkat dengan kapal apa. Benar tidaknya bahwa memang ada keberangkatan pada bulan itu,” jelas Tiyan.

Kemudian, lanjut Tiyan, realisasi penggunaan anggaran terhadap makan minum dalam agenda rapat pada tahun dimaksud juga akan dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh kepada penyedia jasa.

ADVERTISEMENT

“Kemarin beberapa PPTK sudah kita periksa. Kemudian nanti ke penyedia jasa itu, apakah kapal, katering di mana,” ungkapnya.

Menurutnya, dari hasil pemeriksaan yang dilakukan terhadap PPTK, bukti dukung terhadap beberapa kegiatan memang dapat dibuktikan dengan klaim kwitansi dan Surat Pertanggungjawaban (SPJ).

“Cuma nanti masih akan kita uji lagi, benar apa tidak. Atau kegiatan-kegiatan ini benar atau tidak. Tentu kita tidak bisa percaya dengan bukti dukung saja, harus dikroscek lagi,” terangnya.

ADVERTISEMENT

Dalam kasus ini, Kejari Karimun juga berencana akan memanggil penanggungjawab pengguna anggaran dalam hal ini adalah Kepala Baperlitbang Karimun.

“Tapi ini kita telusuri dari bawah dulu, tetap akan kita panggil karena ini kan di bawah pimpinan dia. Kapan pemanggilannya yang jelas kita kroscek penyedia jasa lebih dahulu,” tutupnya.

Dapatkan update berita langsung dari Smartphone anda melalui telegram. Klik t.me/kepripediacom untuk bergabung
Artikel ini telah dibaca 260 kali

Penulis: | Editor: Redaksi


Tetap terhubung dengan kami:

Baca Lainnya

Aniaya Pencuri Pelat Besi hingga Tewas, 4 Sekuriti Ditetapkan Tersangka

1 Desember 2022 - 19:46 WIB

Bisnis Judi Berkedok Konter Pulsa, 2 Pria di Karimun Terancam Bui

1 Desember 2022 - 14:06 WIB

Keluarga Tersangka Kasus Pelecehan Seksual di Karimun Ajukan Praperadilan

1 Desember 2022 - 08:34 WIB

Diduga Aniaya Sopir Truk di Bintan, Oknum Bea Cukai Tanjungpinang Dilaporkan

1 Desember 2022 - 07:55 WIB

3 Pelaku yang Bawa dan Rampas Barang Remaja di Sagulung Ditangkap

29 November 2022 - 08:55 WIB

Ruko di Komplek Wijaya Kusuma Batam Dibobol Maling, Kerugian Capai Rp 100 Juta

28 November 2022 - 09:16 WIB

Trending di Hukum Kriminal
advertisement