Menu

Mode Gelap

Kuliner Wisata · 16 Jun 2023 09:48 WIB

Lewat Dana Aspirasi Cen Sui Lan, Desa Tiangau Kini Jadi Destinasi Wisata Unggulan


					Sui Lan bersama Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris meninjau kegiatan PISEW di Arung Hijau Desa Tiangau, Siantan Selatan pada tahun 2022. Foto: Istimewa Perbesar

Sui Lan bersama Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris meninjau kegiatan PISEW di Arung Hijau Desa Tiangau, Siantan Selatan pada tahun 2022. Foto: Istimewa

Anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) Frakai Golkar Dapil Kepri, Cen Sui Lan, secara bertahap dan pasti menjadikan Desa Tiangau Kecamatan Siantan Selatan, Kabupaten Kepulauan Anambas sebagai destinasi wisata unggulan.

Cen Sui Lan setidaknya telah mengalokasikan dana aspirasinya sebesar Rp 2,5 miliar untuk menjadikan Desa Tiangau sebagai destinasi wisata unggulan. Hasilnya, kini turis asing pun mulai berkunjung.

ADVERTISEMENT

Anggaran tersebut terbagi dalam berberapa program infrastuktur berbasis masyarakat. Seperti untuk program PISEW sebesar Rp 500 juta, program bedah rumah sebesar Rp 1 miliar.

Koordinator KKAD Tiangau sekaligus Direktur BUMDes Tuah Sakato Tingau Hedtiantri juga berterima kasih atas perhatian Cen Sui Lan untuk kemajuan Desa Tiangau.

“Bu Cen Sui Lan hadir dan selalu memperjuangkan dan membawa dana-dana APBN (pusat) ke Provinsi Kepri,” ungkap Hedtiandri yang juga mengelola Perpustakaan Desa dan museum Muzium Perbatasan Anambas itu.

Cen Sui Lan Reses ke Desa Tiangau

Awal Agustus 2022 lalu, Cen Sui Lan melakukan reses ke kampung wisata Arung Hijau Desa Tiangau, Siantan Selatan, Kepulauan Anambas, Provinsi Kepri. Selain reses, Cen Sui Lan melihat dimulainya kegiatan Program Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW). Program ini merupakan aspirasi Cen Sui Lan untuk tahun anggaran 2022.

Dana aspirasi Cen Sui Lan tersebut dialokasikan untuk pembangunan jalan di bibir pantai, sepanjang 500 meter. Jalan ini sebagai sarana pendukung Desa Tiangau, sebagai Desa Destinasi Wisata.

Selain itu, Cen Sui Lan bertemu dengan para penerima program bedah rumah. Penerima bantuan rehabilitasi rumah warga kurang mampu di Kabupaten Anambas ini, direalisasikan untuk 100 unit rumah.

Dalam kegiatan reses ke Desa Tiangau tersebut, Cen Sui Lan didampingi H Abdul Haris Bupati Anambas, Hadi Candra Anggota DPRD Provinsi Kepri Fraksi Golkar Dapil Anambas-Natuna. Turut serta Raja Bayu Anggota DPRD Kabupaten Anambas Fraksi Golkar, dan Ahmad Yani Anggota DPRD Kabupaten Anambas, serta Zubaidi Kepala BP2P Kepri Riau Sumbar. Turut hadir Ditjen Perumahan Kementerian PUPR dan Rudy Kepala SatKer BP2W Kepri Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR.

ADVERTISEMENT

Kunjungan Turis

Tiangau memiliki keindahan panorama alam dan wisata bahari. Kini, Desa Tiangau sudah mulai bersolek. Saking menawannya, Desa Tiangau sudah mulai dikunjungi lagi oleh turis asing. Minggu (11/6/2023, turis dari 8 mancanegara berkunjung. Mereka ada yang berasal dari Amerika, Canada, Jerman, Inggris, Selandia Baru, Afrika Selatan, Australia dan Filipina.

anak di desa tiangau berbaur dengan turis asing sambil praktik belajar bahasa inggris f suaraserumpun.com

Anak desa Tiangau berbaur dengan turis asing yang sedang berwisata. Foto: Ist/suaraserumpun

Para turis menikmati suasana sunset di Pantai Arung Hijau Desa Tiangau, Kabupaten Anambas. Menariknya lagi, anak-anak warga Desa Tiangau berbaur dengan para turis mancanegara. Mereka sekaligus mempraktikkan bahasa Inggris, yang diajarkan di Lembaga pendidikan bahasa Tiangau.

ADVERTISEMENT

“Semoga impian saya dan semua pihak untuk menjadikan Desa Tiangau di Kepulauan Anambas sebagai destinasi wisata unggulan, bisa terwujud,” demikian harapan Cen Sui Lan buat Desa Tiangau, Kecamatan Siantan Selatan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau.

Gabung dan ikuti kami di :

Penulis: | Editor: Redaksi



whatsapp facebook copas link

Baca Lainnya

Sambil Ngabuburit, Komunitas di Karimun Edukasi Masyarakat Tentang Hewan Reptil

25 Maret 2024 - 06:07 WIB

IMG 20240325 060429 11zon

Rekomendasi Menu Buka Puasa Khas Kepulauan Riau, Bisa Coba Sajikan di Rumah!

12 Maret 2024 - 22:32 WIB

Menu Buka Puasa

Menparekraf Harap Kepri Sumbang 25 Persen Jumlah Wisman pada 2024

8 Januari 2024 - 16:36 WIB

IMG 20240108 WA0029 11zon

Periode Januari-Desember 2023, Kunjungan Wisman ke Kepri Capai 1,3 Juta

3 Januari 2024 - 18:22 WIB

Ilustrasi wisman berkunjung ke Kepri 1

Jadi Makanan Populer, Begini Cara Buat dan Resep Laksa Goreng Khas Kepri

19 Desember 2023 - 13:07 WIB

Laksa Goreng Khas Kepri

Pulau Basing Tanjungpinang dengan Potensi Wisata Alamnya

15 Desember 2023 - 13:07 WIB

Basing Island 11zon
Trending di Kuliner Wisata