Menu

Mode Gelap

Pojok · 2 Agu 2022 14:26 WIB ·

Malam 1 Suro, Persaudaraan Jawa Pesisir Lingga Gelar Zikir Bersama dan Ceramah Agama


 Malam 1 Suro, Persaudaraan Jawa Pesisir Lingga Gelar Zikir Bersama dan Ceramah Agama Perbesar

ADVERTISEMENT
advertisement

Dalam rangka memeriahkan Tahun Baru Islam atau 1 Muharram 1444 Hijriah, yang bersampena dengan malam 1 Suro 1956 Saka, Keluarga Besar Persaudaraan Jawa Pesisir Lingga (PERJASIRGA) menggelar kegiatan zikir bersama dan ceramah agama.

Ketua Pelaksana, Ismail, menyebutkan malam 1 Suro 1956 Saka yang jatuh pada tanggal 30 Juli 2022, dalam budaya masyarakat Jawa, malam peringatan tahun baru tersebut dianggap sakral yang memiliki beberapa tradisi untuk memperingati setiap Malam 1 Suro.

Untuk itu, di momen tersebut pihaknya sengaja menggelar acara silaturahmi dengan diisi zikir bersama, tausiah dan tirakatan bersama Ketua MUI Kabupaten Lingga KH. Ustad Badiul Hasani dan tokoh agama Desa Kote di Halaman Polindes Kote Sakti.

“Tema yang diangkat dalam malam Tahun Baru Islam dan Tirakatan Malam 1 Suro 1956 Saka adalah menjaga persaudaraan dan mempererat tali silaturahmi,” ujar Ismail.

ADVERTISEMENT
advertisement

Ia menambahkan, beberapa orang Jawa Islam percaya, mendekatkan diri kepada Tuhan bisa dengan cara membersihkan diri serta melawan nafsu manusiawinya.

Oleh karena itu, mereka menjalankan upacara individu seperti tirakat, lelaku, atau perenungan diri. Selain itu, ada juga aktivitas upacara kelompok seperti melakukan selametan khusus sepanjang satu minggu.

ADVERTISEMENT

“Kami harapkan 1 Suro tahun ini menjadi momentum kebangkitan Persaudaraan Jawa Pesisir Lingga untuk memperkokoh tali persaudaraan, menumbuhkan kekompakan, dan memiliki jiwa bergotong royong pada diri masing – masing sehingga sesuatu kegiatan yang kita laksanakan dapat berjalan lebih baik dan lebih terarah,” kata dia.

Sebagaimana diketahui, Persaudaraan Jawa Pesisir Lingga di Kabupaten Lingga sudah berjalan 4 (empat) tahun dan sementara ini baru bisa berjalan di Kecamatan Singkep Pesisir dalam arti kata belum dapat mengembangkan sayap yang lebih besar untuk mempersatukan sedulur – sedulur di Kabupaten Lingga.

“Para Sedulur tidak boleh pesimis, itulah bunga – bunga yang dilewati untuk memperkokoh pondasi yang lebih kuat di dalam Persaudaraan Jawa Pesisir Lingga, yakinkan dan tetap optimis para sedulurku, jika kita mampu bergotong royong dan bekerja sama serta kompak dalam berjalan, Insya Allah Persaudaraan ini akan lebih maju ke depannya,” tambahnya.

ADVERTISEMENT
Dapatkan update berita langsung dari Smartphone anda melalui telegram. Klik t.me/kepripediacom untuk bergabung
Artikel ini telah dibaca 6 kali

Penulis: | Editor: Redaksi


Tetap terhubung dengan kami:

ADVERTISEMENT
advertisement
advertisement
Baca Lainnya

Babinsa Resang Koramil 04/Dabo, Kodim 0315/TPI Goro Bersama Masyarakat Resang

13 Agustus 2022 - 11:43 WIB

Bangkit dari Pandemi, Plt Bupati Senam Germas Bersama Masyarakat Pangkil

12 Agustus 2022 - 21:18 WIB

Babinsa Kuala Raya Koramil 04/Dabo Kodim 0315/TPI Bantu Warga Bersihkan Rumput di Kebun

12 Agustus 2022 - 13:40 WIB

Babinsa Tinjul Koramil 04/Dabo Kodim 0315/TPI Bantu Warga Buat Papan Slop dan Berikan Pemahaman Wasbang

11 Agustus 2022 - 11:50 WIB

Koramil 04/Dabo, Kodim 0315/TPI, Bentuk Kampung Pancasila di Kampung Betong

10 Agustus 2022 - 12:45 WIB

Ungkap Kasus Curat dan Curas, Polsek Lubuk Baja Diberikan Penghargaan

9 Agustus 2022 - 21:26 WIB

Trending di Pojok
advertisement