Menu

Mode Gelap

Warta · 4 Agu 2022 14:53 WIB ·

Rahma Tak Beri Anjung Cahaya, Ansar Geser Lokasi Pembangunan Gedung LAM Kepri


 Peletakan Batu Pertama Gedung LAM Kepri. Foto: Ist Perbesar

Peletakan Batu Pertama Gedung LAM Kepri. Foto: Ist

ADVERTISEMENT
advertisement

Rencana pembangunan Gedung Lembaga Adat Melayu (LAM) Provinsi Kepulauan Riau yang semulanya di lokasi Anjung Cahaya, Tanjungpinang, akhirnya pupus.

Pemerintah Kota Tanjungpinang sebagai pemilik lokasi Anjung Cahaya tidak memberikan izin pembangunan gedung di kawasan tersebut.

Alhasil, Pemprov Kepri yang sudah jauh-jauh hari mengonsep lokasi pembangunan gedung senilai Rp 30 miliar itu di Anjung Cahaya, terpaksa harus digeser.

Sehingga, lokasi pembangunan tersebut direncanakan dilaksanakan di kawasan Gurindam 12 tepat berseberangan dengan Masjid Sultan Riau, Pulau Penyengat.

ADVERTISEMENT
advertisement

“Mari kita tidak berpolemik lagi karena memang sudah diputuskan bahwa proyek revitalisasi Anjung Cahaya akan dibangun oleh Pemko Tanjungpinang. Kita bersyukur dengan ini menjadi trigger dan stimulus bagi Pemko Tanjungpinang untuk ikut membangun, mempercantik kawasan Gurindam 12 ini,” ujar Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, saat bertemu dengan para pedagang Kawasan Anjung Cahaya dan Melayu Square di Gedung LAM Provinsi Kepulauan Riau, Rabu (3/8).

Baca: Ansar Kesal Rahma Enggan Serahkan Anjung Cahaya untuk Pembangunan Gedung LAM Kepri

Ia menyampaikan, Pemprov dan LAM Kepri tidak ada ada niatan sedikitpun untuk meminggirkan para pedagang Kawasan Anjung Cahaya. Bahkan dalam rencana awal penataan Kawasan Gurindam 12, para pedagang akan diberi lokasi khusus berderetan dengan lokasi pembangunan Gedung LAM Kepri berkonsep seperti akau namun dengan performance yang lebih baik.

ADVERTISEMENT

“Sudah kita pikirkan semua, pada desain awal, penamaan juga tetap ‘Anjung Cahaya’. Di kawasan Gurindam 12 ini akan ada Gedung LAM Kepri, kawasan Anjung Cahaya, kemudian Dekranasda dan sebelahnya ada vendor-vendor branded. Setelah itu baru kawasan terbuka sampai di depan Gedung Daerah. Sudah pula kita putuskan pula sebelumnya bahwa setelah pembangunan kawasan berdagang Anjung Cahaya selesai, akan diserahkan aset tersebut kembali ke Pemko Tanjungpinang melalui Perusda Tanjungpinang,” papar Gubernur.

Ansar Letakkan Batu Pertama Pembangunan Gedung LAM Kepri

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad melakukan peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan LAM Kepulauan Riau di kawasan Gurindam Duabelas, Tanjungpinang, Senin (1/8) kemarin. Lokasi Gedung LAM yang bersebrangan persis di seberang Masjid Sultan Riau di Pulau Penyengat semakin mempertegas LAM Kepri sebagai barometer identitas dan pelestari adat Melayu.

Selain Gedung LAM Kepri, Pemprov Kepri  akan membangun sejumlah infrastruktur di kawasan Gurindam 12. Diantaranya adalah gedung etalase Dekranas, etalase makanan fastfood branded, dan etalase makanan khas Melayu.

ADVERTISEMENT

“Ini mempertegas Kepri sebagai provinsi Melayu, dengan Gedung LAM Kepri sebagai simbol, orang-orang Melayu dari Singapura dan Malaysia juga bisa berkunjung ke Gedung LAM ini nantinya,” kata Gubernur Ansar.

Sementara itu, Ketua LAM Kepri, Abdul Razak, mengucapkan rasa terimakasihnya kepada Pemprov Kepri atas pembangunan Gedung LAM Kepri. Menurutnya, LAM Kepri adalah teman kerja Pemprov Kepri untuk membangun Kepri yang keberadaan LAM Kepri sudah diperkuat Perda Kepri Nomor 1 tahun 2014.

“Gedung LAM Kepri ini bukan hanya untuk orang Melayu saja, karena LAM Kepri juga menjadi payung untuk semua masyarakat yang tinggal di Kepri, tidak terbatas hanya untuk orang Melayu saja,” katanya.

ADVERTISEMENT
Dapatkan update berita langsung dari Smartphone anda melalui telegram. Klik t.me/kepripediacom untuk bergabung
Artikel ini telah dibaca 54 kali

Penulis: | Editor: Redaksi


Tetap terhubung dengan kami:

ADVERTISEMENT
advertisement
advertisement
Baca Lainnya

Sambut Hari Kemerdekaan RI, Warga Sagulung Gelar Fun Day

7 Agustus 2022 - 22:01 WIB

Viral Video Oknum Polisi di Batam Terlibat Cekcok dengan TNI, Begini Tanggapan Polda Kepri

6 Agustus 2022 - 20:44 WIB

Data BPS: 95 Ribu Wisman Berkunjung ke Kepri Sepanjang Januari-Juni

5 Agustus 2022 - 20:51 WIB

BMKG Prediksi Karimun Diguyur Hujan hingga Sepekan ke Depan

5 Agustus 2022 - 16:21 WIB

Tingkatkan Kinerja, Rutan Batam Dapat Bantuan Mobil Ambulans dari Pusat

5 Agustus 2022 - 15:26 WIB

Dua Hari Kapal Tanjungpinang-Lingga Tidak Beroperasi karena BBM Kosong

5 Agustus 2022 - 11:34 WIB

Trending di Warta
advertisement