Menu

Mode Gelap

Warta · 2 Jan 2023 15:47 WIB

Setelah Listrik Padam, Warga Batam Kesal Air Juga Tidak Mengalir


					Ilustrasi air padam. Foto: prokal/Net Perbesar

Ilustrasi air padam. Foto: prokal/Net

Warga Batam mengeluhkan distribusi air bersih tersendat di awal tahun 2023 ini. Air yang tak mengalir lancar ini membuat para ibu-ibu rumah tangga kesal lantaran anaknya harus pergi sekolah setelah libur tanpa mandi.

Warga menyayangkan PT Moya Indonesia tidak mempunyai alternatif lain untuk atasi masalah kebutuhan mendasar tersebut.

ADVERTISEMENT

Hal ini diungkapkan Rendi warga, Batu Ampar, Batam pada Senin (2/1/2023).

“Air bersih mati sejak tiga hari ini, membuat kami tidak bisa berbuat dan merasa sakit hati dengan layanan PT Moya,” ujarnya.

Ia menyebutkan, distribusi air bersih tersendat ini sangat berdampak pada warga. Bahkan untuk kebutuhan, warga terpaksa harus membeli air galon.

Terlebih selain air, warga juga harus menerima keadaan listrik padam yang juga terjadi di awal tahun ini.

“Inilah yang kami rasakan beberapa hari ini, padahal kami selaku konsumen tidak pernah telat bayar tagihan. Tapi, pelayanan buruk,” ujarnya.

Senada disampaikan Rendi, warga lainya Wenny, juga mengaku suplai air di rumahnya tersendat sedari pagi hari. Menurutnya, keadaan ini tidak hanya terjadi kali ini, bahkan sering. Menurutnya untuk mencuci susah, dan harus punya ember untuk menampung air.

“Ini kita kalau cuci baju, harus tampung air terlebih dahulu. Karena airnya mati-mati,” sebut Wenny.

ADVERTISEMENT

Mereka berharap pelayanan PT Moya dan PLN dapat ditingkatkan dalam memberikan pelayanan prima untuk masyarakat sesuai dengan tagline masing-masing.

“Ini kita minta kepada BP Batam dan PLN dapat meningkatkan kualitas layanan,” harap dia.

Baca: Kelistrikan Batam Alami Gangguan Sistem, PLN Batam Minta Maaf

ADVERTISEMENT

Terpisah, Corporate Communication PT Air Batam Hilir, Ginda Alamsyah mengatakan gangguan suplai air bersih terjadi karena listrik padam.

“Akibat dari gangguan sistem kelistrikan. Sehingga akitivitas normal yang ada di beberapa IPA (Instalasi Pengolahan Air Minum) terganggu, untuk mengolah air menggunakan tenaga listrik yang cukup besar,” ujarnya.

Menurut dia, saat terjadi pemadaman listrik, proses pengolahan air akan terganggu. Akibatnya, suplai air kepada pelanggan juga ikut terganggu.

ADVERTISEMENT

“Sekarang ini SPAM Batam sedang berusaha untuk pemulihan di beberapa instalasi yang menggunakan tenaga listrik seperti memaksimal dengan penggunaan genset,” ujarnya.

Selain itu, IPA tengah berjalan menggunakan tenaga listrik agar berjalan maksimal kembali.

Usai IPA beroperasi secara normal, suplai air kepada pelanggan memerlukan tenggang waktu untuk kembali pulih seperti biasa.

“SPAM Batam mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Agar dampak gangguan suplai kepada pelanggan dapat diminimalisir, kami menyiapkan mobil tanki. Mobil tanki air diberikan SPAM Batam kepada pelanggan secara gratis dapat menghubungi SPAM Batam,” sebut dia.

Sementara itu, Humas PLN Batam Yoga, mengatakan, sejumlah wilayah Batam akan terjadi pemadaman karena pembangkit yang belum berhubungan ke sistem.

“Masih menunggu pembangkit yang blm join ke sistem. Mudahan bisa memulihkan kembali sistem kelistrikan dari sisi pembangkit,” singkat dia.

Tanggapan Anggota DPRD Kepri

Anggota DPRD Kepri, Alex Guspeneldi, menyebut kondisi ini merupakan sejarah yang terjadi di Batam. Di mana pemadaman listrik yang panjang disaat masyarakat membutuhkan.

“Gerhana terlama di Batam, 2023 dari PLN Batam,” ujarnya.

Politikus PAN itu menekankan kerugian yang besar terjadi pemadaman listrik dan air di Batam saat momen leburan tahun baru yang berdampak pada investor.

“Kerugian besar dunia usaha yang akibatkan pemadaman. Harus ada dispensasi dan minta pertanggungjawaban dari PLN Batam,” ujarnya sikat.

Gabung dan ikuti kami di :

Penulis: | Editor: Redaksi



whatsapp facebook copas link

Baca Lainnya

Kebutuhan Hewan Kurban di Kepri Naik 10 Persen

24 Mei 2024 - 15:25 WIB

IMG 20240521 114318 11zon

Pemprov Kepri Usulkan 4.100 Tenaga Honorer Ikut Seleksi PPPK

24 Mei 2024 - 11:51 WIB

images 41

Pemkab Bintan Usulkan 46 Formasi CPNS dan 1.427 Formasi PPPK

24 Mei 2024 - 10:34 WIB

Ilustrasi seleksi CPNS

Jembatan Bukit Batu dan Parit Bugis Akan Dibangun Kembali

22 Mei 2024 - 14:25 WIB

IMG 20240522 WA0011 11zon

Polda Kepri Bangun Markas Terpadu di KEK Galang Batang

21 Mei 2024 - 17:46 WIB

IMG 20240521 WA0012 11zon

Kebun Warga di Karimun Diserang Wabah Ulat Bulu

21 Mei 2024 - 15:59 WIB

IMG 20240521 153916 11zon
Trending di Warta