Menu

Mode Gelap

Buzz · 15 Jun 2022 11:19 WIB ·

Warga Batam, Ini Cara Cek Televisi yang Sudah Digital dari Analog


 Menonton siaran TV Digital. Foto: Dok Kominfo Perbesar

Menonton siaran TV Digital. Foto: Dok Kominfo

Sebagian masyarakat Batam tidak asing lagi dengan migrasi televisi analog ke digital atau Analog Switch Off (ASO). Pasalnya sejumlah warga mengaku telah beralih secara mandiri ke siaran digital. 

Meski tanpa bantuan Set Top Box (STB) yang disalurkan pemerintah secara gratis untuk warga tidak mampu, sejumlah warga lebih memilih untuk membeli STB tersebut sendiri.

“Kami di Batam sudah lama beralih ke TV Digital. Awalnya menggunakan televisi kabel,” ujar Dalil warga Tanjunguncang, Selasa (14/6).

Dia menyebutkan, meskipun pemerintah  telah memberikan bantuan STB untuk warga yang kurang mampu, namun menurutnya saat ini di Kota Batam masih belum terlaksana.

ADVERTISEMENT
advertisement

Sehingga dirinya memilih secara instan dengan membeli di sebuah toko. Hal ini dengan tujuan mendapatkan siaran digital.

“Kalau ditunggu bantuan entah kapan datang, maka kita beli saja yang ada sertifikat Kominfo,” ucap dia.

ADVERTISEMENT

Kendati begitu, pria disapa Ali mengaku telah mengetahui penghentian siaran TV Analog tahap pertama atau Analog Switch Off (ASO) secara nasional yang kian dekat. 

“Justru itu kita pindah ke digital lebih efisien siarannya dari Analog. Tidak perlu ganti TV,” tutur dia.

Menurut Menteri Johnny, penghentian total siaran analog dan digital penuh tahap I akan dimulai dari 3 wilayah siaran yang terdiri atas 6 kabupaten dan 2 kota.

ADVERTISEMENT

“Sesuai jadwal yang ditetapkan oleh Kominfo, penghentian tetap layanan siaran analog televisi akan dimulai pada tanggal 30 April Tahun 2022 Pukul 24.00 atau besok malam,” ujar Menkominfo dalam Konferensi Pers Kick Off Analog Switch Off (ASO) Tahap I di Base Penerbangan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD), Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Jumat (29/04).

Menkominfo menjelaskan persiapan penghentian tetap siaran analog televisi dan dimulainya siaran digital penuh televisi di Indonesia. Menurutnya, infrastruktur multipleksing di 56 wilayah siaran yang terdiri dari 166 kabupaten dan kota telah selesai dan siap digunakan.

Untuk beralih ke siaran TV Digital itu mudah. Lakukan saja scanning ulang program siaran untuk pesawat televisi yang sudah ada tuner standar DVBT2 di dalamnya maka secara otomatis televisi digital bisa menangkap dan menayangkan program-program siaran TV Digital. 

ADVERTISEMENT

Namun, jika setelah lakukan pindai  ulang program, dan siaran yang ada di televisi masih sama dengan sebelumnya, berarti pesawat televisi masih analog. Untuk mendapatkan siaran digital cukup menambahkan perangkat tambahan Set Top Box (STB) jenis DVBT2 dan antena UHF.  

Setelah STB dirangkaikan dengan televisi lama atau tabung, siaran TV digital akan tertangkap di pesawat televisi. Mengarahkan antena secara tepat, membantu hasil optimal tangkapan tayangan siaran TV digital.

Ingat siaran TV Digital itu gambarnya benar-benar bersih dan suaranya canggih. Jadi bila gambarnya masih sama dengan sebelumnya, bisa dipastikan siaran TV digital belum tertangkap.

ADVERTISEMENT

Siaran TV Digital itu tetap menggunakan antena UHF. Siaran TV Digital bukan streaming internet serta bukan pula televisi berlangganan yang menggunakan satelit atau kabel.

#ASO #analogswitchoff #TVdigital #siarandigitalindonesia #ASO2022

Dapatkan update berita langsung dari Smartphone anda melalui telegram. Klik t.me/kepripediacom untuk bergabung
Artikel ini telah dibaca 370 kali

Penulis: | Editor: Redaksi


Tetap terhubung dengan kami:

advertisement
Baca Lainnya

Kolaborasi IndiHome dan Vidio Siap Manjakan Penggemar Piala Dunia 2022

19 November 2022 - 17:56 WIB

Cek! Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi PPPK Guru 2022 di Lingga

18 November 2022 - 14:02 WIB

Beragam Blaze Cocktails dan Smoked Brisket Bar di BWP Panbil

14 November 2022 - 10:33 WIB

Mengenal Maripay, Solusi Digital Permudah Transaksi Keuangan Pekerja Migran di Malaysia

11 November 2022 - 15:44 WIB

Ini Waktu Melihat Gerhana Bulan dan Live Streaming BMKG

8 November 2022 - 15:51 WIB

Peserta JKN Kini Cukup Tunjukkan KTP untuk Berobat ke Faskes

3 November 2022 - 11:46 WIB

Trending di Buzz
advertisement