Menu

Mode Gelap

Warta · 20 Apr 2022 19:21 WIB

21 Desa di Lingga Bakal Dapat Rp 500 Juta, Ini Kegunaannya


					Anggota DPR RI Dapil Kepri, Cen Sui Lan. Foto: Dok DPR Perbesar

Anggota DPR RI Dapil Kepri, Cen Sui Lan. Foto: Dok DPR

21 desa di Kabupaten Lingga masing-masing bakal mendapat dana hingga Rp 500 juta. Dana ini berasal dari dana aspirasi Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri, Cen Sui Lan, yang digunakan untuk program pengentasan kemiskinan di Kabupaten Lingga.

Cen Sui Lan mengungkapkan jika jumlah total anggaran yang dialokasikan yakni  sebesar Rp 10,5 miliar yang berasal dari tahun anggaran 2022 ini. Ia pun terus berkoordinasi dengan kementerian terkait agar rencana ini benar-benar dapat direalisasikan tahun ini.

ADVERTISEMENT

Adapun secara rinci, pengentasan kemiskinan yang dimaksud yakni dengan mempercepat pembangunan di 21 desa se-Kabupaten Lingga. Di antaranya melalui program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Masyarakat (Pamsimas), Sistem Penyediaan Air Minum Berbasis Masyarakat (SPAM-BM).

“Pagu anggarannya Rp 10,5 miliar. Jadi masing-masing desa mendapatkan anggaran Rp 500 juta. Itu dari dana aspirasi saya,” sebut Cen Sui Lan belum lama ini.

Ia menyebutkan, program pengentasan miskin ekstrem ini pun telah dibahas dan ditetapkan saat Rapat Kerja (Raker) Komisi V DPR RI bersama Menteri PUPR, Mochamad Basoeki Hadimoeljono, minggu lalu.

Kepada Menteri PUPR, Cen menjelaskan bahwa program-program yang melekat pada dirinya sebagai Anggota Komisi V DPR RI dari Dapil Kepri, yakni memprogramkan kegiatan Bedah Rumah atau BSPS, serta program PISEW.

Kemudian diperkuat dengan memprogramkan 21 desa di Kabupaten Lingga melalui kegiatan Pamsimas dan SPAM-BM.

Baca: Dana Inspirasi Cen Sui Lan Rp 10,5 Miliar untuk Mengentas Kemiskinan di Lingga

Terkait itu, Cen Sui Lan mengharapkan agar Bupati Lingga memperkuat sinergi untuk menuntaskan permasalahan mskin ekstrem ini.

ADVERTISEMENT

“Saya minta kepada bupati untuk memelihara program ini dengan melibatkan BUMDes di masing-masing desa, untuk mengelola program ini. Agar kebutuhan masyarakat di pelosok-pelosok desa di Lingga, dapat menikmati air minum ini,” ujar politisi wanita Partai Golkar ini.

Ia merincikan, program SPAM-BM ini nantinya langsung tersambung ke rumah masyarakat. Sehingga, nantinya hasil pogram ini langsung dinikmati masyarakat di 21 desa se-Kabupaten Lingga ini.

Lebih jauh, 21 desa di Kabupaten Lingga yang mendapat program Pamsimas dan SPAM-BM ini yakni di lokasi warga yang ditetapkan sebagai daerah miskin ekstrem. Yang mana tepatnya kawasan yang belum memiliki jaringan air minum.

ADVERTISEMENT

Cen mencontohkan yakni daerah itu meliputi Desa Rejai, Desa Pasir Panjang, di Kecamatan Bakung Serumpun.

Selain itu di Desa Tajur Biru, Kecamatan Temiang Pesisir. Desa Pulau Bukit, Desa Pulau Medang di Kecamatan Katang Bidare. Desa Jagoh, Langkap, Marok Tua, Raya, Sungai Buluh, Tanjung Irat di Kecamatan Singkep Barat. Desa Marok Kecil, Resang, Berhala di Kecamatan Singkep Selatan. Desa Batu Kacang di Kecamatan Singkep. Desa Berindat di Kecamatan Singkep Pesisir. Desa Lombok dan Desa Pekajang di Kecamatan Lingga. Serta Desa Pantai Harapan di Kecamatan Selayar.

Gabung dan ikuti kami di :

Penulis: | Editor: Redaksi



whatsapp facebook copas link

Baca Lainnya

Insiden “Pengusiran” Wartawan Berakhir Damai, KPU Lingga Minta Maaf: Harap Tak Terulang

2 Maret 2024 - 17:17 WIB

Ketua KPU Lingga bertemu sejumlah wartawan

NasDem Paling Banyak, Berikut 25 Nama Bakal Duduki Kursi DPRD Lingga

2 Maret 2024 - 16:21 WIB

Kantor DPRD Lingga

Hasil Lengkap Perolehan Suara Pemilu DPRD Kabupaten Lingga 2024

1 Maret 2024 - 21:36 WIB

Hasil Pemilu 2024 DPRD Kabupaten Lingga

Asyik! Ada Beasiswa untuk 1.500 Mahasiswa Kepri Berprestasi di Tahun 2024

1 Maret 2024 - 14:28 WIB

images 6

Polda Kepri Gelar Operasi Keselamatan Seligi 2024 Selama 14 Hari ke Depan

1 Maret 2024 - 14:21 WIB

Wakapolda Kepri Brigjen Pol Asep Safrudin. Foto: Ist/kepripedia.com

Ribuan Pencaker Ikuti Job Fair 2024 di Bintan, Begini Harapan Roby Kurniawan

1 Maret 2024 - 12:37 WIB

Bupati Bintan Roby Kurniawan mengunjungi Job Fair 2024
Trending di Warta