Menu

Mode Gelap

Pojok · 12 Mar 2022 18:02 WIB ·

AJI Tanjungpinang dan AMSI Kepri Gelar Diskusi Publik Toleransi Beragama


 Diskusi publik memperkuat toleransi beragama yang digelar AJI Tanjungpinang dan AMSI Kepri. Foto: Istimewa Perbesar

Diskusi publik memperkuat toleransi beragama yang digelar AJI Tanjungpinang dan AMSI Kepri. Foto: Istimewa

ADVERTISEMENT
advertisement

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Tanjungpinang bersama Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) wilayah Kepri, menggelar diskusi publik dengan tema “Memperkuat Toleransi Beragama Dalam Perspektif Organisasi”, di Sekretariat AJI Tanjungpinang, Sabtu (12/3).

Hadir dalam diskusi kali jni Kakanwil Kemenag Provinsi Kepulauan Riau, Mahbub Daryanto dan Wakil Ketua FKUB Provinsi Kepri, Nazarrudin.

Dalam kesempatan itu, Ketua AJI Tanjungpinang, Jailani, mengungkapkan bahwa Jurnalis dengan kerjanya memiliki tanggungjawab untuk menjaga agar tidak terjadi perpecahan sesama umat beragama di lingkungan masyarakat.

“Sebagai seorang pewarta peran Jurnalis sangat vital, karena dituntut untuk menyebarkan informasi secara seimbang dan tidak cenderung memprovokasi ditengah bermacam-macam keberagaman di masyarakat,” ujar Jai.

ADVERTISEMENT
advertisement

Senada dengan Jai, Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Charles Sitompul mengatakan seorang pewarta sejatinya kala memandang permasalahan harus melihat dari berbagai sisi.

“Kita dalam melakukan peliputan harus melihat isu dari berbagai perspektif, ketika ada pro dan kontra yang terjadi di masyarakat kita harus memberikan ruang yang seimbang kepada mereka,” ungkap Charles Sitompul.

ADVERTISEMENT

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Kepri, Mahbub Daryanto, memaparkan saat ini Kementrian Agama Republik Indonesia memanh tengah gencar mensosialisasikan program moderasi antar umat beragama.

“Salah satu esensi kehadiran agama adalah untuk menjaga martabat manusia sebagai makhlik mulia ciptaan Tuhan, untuk mencapai itu agama selalu menghadirkan ajaran tentang keseimbangan dalam berbagai aspek kehidupan,” terangnya.

Wakil Ketua FKUB Provinsi Kepulauan Riau, Nazaruddin, memberikan apresiasi atas adanya ruang diskusi terkait toleransi beragama.

ADVERTISEMENT

“Memang ruang-ruang diskusi publik seperti ini harus sesering mungkin dilakukan, apalagi mengingat banyaknya media berbasis internet yang seringkali menyebarkan isu hoax dan menimbulkan perpecahan dimasyarakat,” ucapnya

Lebih lanjut Ia menjelaskan, untuk itu sebagai seorang Jurnalis Media penting untuk mengkroscek keberimbangan sebuah pemberitaan yang dilakukan dan agar tidak  memprovokasi masyarakat.

Dapatkan update berita langsung dari Smartphone anda melalui telegram. Klik t.me/kepripediacom untuk bergabung
Artikel ini telah dibaca 64 kali

Penulis: | Editor: Redaksi


ADVERTISEMENT
advertisement
Tetap terhubung dengan kami:
advertisement
Baca Lainnya

Babinsa Kote Koramil 04/Dabo, Kodim 0315/TPI Imbau Warga untuk Tidak Membakar Lahan

22 Mei 2022 - 14:38 WIB

Halal Bihalal RSUD Batam, Jadikan Momentum Kekompakan

22 Mei 2022 - 00:39 WIB

Babinsa Sungai Raya Koramil 04/Dabo, Kodim 0315/TPI Goro di TPU bersama Warga

21 Mei 2022 - 13:58 WIB

Halal Bihalal Pemko dan BP Batam, Silaturahmi Dalam Keberagaman

20 Mei 2022 - 16:26 WIB

Babinsa Desa Jagoh, Koramil 04/Dabo Kodim 0315/TPI Goro bersama warga Bersihkan Badan Jalan

20 Mei 2022 - 15:39 WIB

Amsakar Kunjungi Korban Kebakaran di Kavling Lama

17 Mei 2022 - 16:09 WIB

Trending di Pojok
advertisement