Menu

Mode Gelap

Hukum Kriminal · 3 Jun 2022 23:07 WIB ·

Pelaku Pencurian Pecah Kaca di Batam Ditangkap, Sempat Coba Kabur hingga Ditembak


 Pengungkapan kasus pencurian modus pecah kaca mobil di Batam. Foto: Zalfirega/kepripedia.com Perbesar

Pengungkapan kasus pencurian modus pecah kaca mobil di Batam. Foto: Zalfirega/kepripedia.com

ADVERTISEMENT
advertisement

2 pelaku pencurian spesialis pecah kaca mobil ditembak saat berusaha kabur dari sergapan anggota Satreskrim Polresta Barelang.

Kedua pelaku ini disebut lincah dalam melakukan aksi pencurian dengan modus pecah kaca mobil. Aksi pencurian itu terjadi pada 31 Mei 2022 sekira pukul 10.30 WIB di Parkiran Top 100 Niaga Mas Batam Kota Batam. Aksinya yang terekam CCTV kemudian viral di media sosial.

Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri mengatakan dua pelaku yakni seorang residivis dengan kasus yang sama berinisial DA dan inisial RME warga Batam.

“Dua pelaku ditangkap tim Opsnal Gabungan di arah jalan Tanjung Uncang dan Piayu pada Rabu (1/6),” ungkapnya didampingi Kasat Reskrim Polresta Barelang Kompol Abdul Rahman dalam konferensi pers di Polresta Barelang, Jumat (3/6).

ADVERTISEMENT
advertisement

Dijelaskannya, pengungkapan kasus, berawal korban hendak berangkat ke Bank J-Trust dengan menggunakan mobil Ertiga putih dan mengambil uang Rp 6.000.000 juta di daerah Costarika.

Kemudian korban pergi ke Bank BCA yang berada di niaga mas untuk menarik uang lagi Rp 3.600.000. Selanjutnya korban menuju ke Top 100 Niaga Mas.

ADVERTISEMENT

“Korban sempat menyimpan uang Rp 20.400.000 dalam mobil. Uang ini diketahui hasil penjualan kebun berjumlah Rp 30 juta,” kata dia.

Lalu, tas berisi uang ditinggal dalam mobil namun setelah korban kembali melihat kaca mobil sudah pecah hingga uang telah raib dicuri pelaku.

“Korban mengalami kerugian puluhan juta dan membuat laporan ke Polresta Barelang hingga ditindaklanjuti,” bebernya.

ADVERTISEMENT

Dia menambahkan, tim Opsnal Gabungan melakukan penyelidikan di lapangan hingga menerima Informasi dari masyarakat bahwa pelaku tengah berada di bilangan wilayah Piayu. Aksi mereka berakhir saat peluru petugas mengenai bagian betis pelaku.

“Saat kami lakukan penangkapan RME berusaha melawan dan mencoba melarikan diri. Tembakan peringatan 3 kali tidak diindahkan sehingga petugas melakukan tindakan terukur,” tegas dia.

Dari tangan pelaku, petugas menyita barang bukti berupa uang tunai Rp 700 ribu satu tas merk Min Xing Li warna hitam 1 sepeda motor yang digunakan pelaku dalam beraksi.

ADVERTISEMENT

Dari hasil pemeriksaan, diketahui pelaku DA sebagai eksekutor memecahkan kaca menggunakan satu buah busi dan RME yang menunggu di atas sepeda motor.

“Pelaku sudah terampil melakukan pencurian pecah kaca. Hanya dalam waktu kurang dari 1 menit pelaku berhasil mengambil barang milik korban, karna pelaku merupakan residivis yang sudah berulang kali melakukan tindak pidana yang sama,” imbuh dia.

Kini, pelaku dijerat pasal 363 ayat (1) ke-4 dan ke-5 KUHP ancaman penjara 7 tahun.

ADVERTISEMENT
Dapatkan update berita langsung dari Smartphone anda melalui telegram. Klik t.me/kepripediacom untuk bergabung
Artikel ini telah dibaca 22 kali

Penulis: | Editor: Redaksi


ADVERTISEMENT
advertisement
Tetap terhubung dengan kami:
advertisement
Baca Lainnya

Polisi Tangkap Oknum Guru Ngaji di Batam Cabuli 10 Anak Bawah Umur

30 Juni 2022 - 21:41 WIB

3 Pelaku Curanmor di Batam Diringkus, Sudah Beraksi di 30 TKP

30 Juni 2022 - 20:36 WIB

Paksa Gadis Remaja Nonton Film Porno, Kakek di Tanjungpinang Ditangkap

27 Juni 2022 - 17:23 WIB

Mantan Karyawan Rumah Makan Sambal Ijo di Batam Curi Emas dan Uang Milik Bos

26 Juni 2022 - 13:09 WIB

Imigrasi Batam Deportasi Seorang Warga China

25 Juni 2022 - 14:29 WIB

BC Batam Bantu Gagalkan Penyelundupan Paket Ganja di Samarinda dan Bandung

24 Juni 2022 - 19:51 WIB

Trending di Hukum Kriminal
advertisement