Menu

Mode Gelap

Viral · 22 Agu 2022 20:29 WIB

Soal Kabar Kebocoran Data, Telkom Pastikan Data Pelanggan Aman


					Konferensi pers Telkom terkait isu kebocoran data. Foto: Dok Telkom Perbesar

Konferensi pers Telkom terkait isu kebocoran data. Foto: Dok Telkom

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) tegaskan bahwa tidak ada kebocoran data pelanggan IndiHome seperti yang dibicarakan di pemberitaan media pekan lalu.

Seperti yang telah disampaikan juga saat pendalaman yang dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, Telkom pastikan bahwa tidak terdapat temuan data yang mengandung nomor IndiHome yang valid. Selain itu tidak ada sistem di Telkom yang menyimpan riwayat pencarian (browsing history) dan data pribadi pelanggan secara berdampingan.

ADVERTISEMENT

SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom Ahmad Reza menyampaikan, pihaknya telah melakukan penelusuran dan investigasi menyeluruh.

“Kami meyakini dan memastikan bahwa tidak ada kebocoran data pelanggan di sistem kami dan ini 100 persen merupakan data yang difabrikasi oleh pihak maupun oknum yang ingin memojokkan Telkom,” ujarnya dalam keterangan yang diterima, Senin (22/8).

Ia menyebut, data pelanggan tersimpan di dalam sebuah sistem keamanan siber yang terintegrasi dan dikelola berdasarkan peraturan serta perundang-undangan yang berlaku.

Sementara itu, VP Network/IT Strategy, Technology & Architecture Telkom Rizal Akbar, mengatakan bahwa data yang beredar saat ini mencantumkan nomor IndiHome yang tidak valid, baik dari jumlah digit maupun format penomoran. 

Adapun terkait data browsing history, Telkom menyimpan data tiga bulan terakhir sesuai peraturan perundangan yang berlaku untuk memastikan kenyamanan pelanggan dalam menggunakan layanan, di antaranya UU No. 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi dan PP No. 52 Tahun 2000 tentang Penyelenggaraan Telekomunikasi.

“Tidak ada niat Telkom untuk mematai-matai atau mengambil manfaat dari data historis maupun data pribadi pelanggan,” tambah Ahmad Reza.

Sebagai perusahaan terbuka yang dual listing, Telkom mematuhi etika bisnis, compliance dan tata kelola perusahaan sesuai peraturan perundangan yang berlaku

ADVERTISEMENT

”Syukur Alhamdulilah tidak terjadi peretasan data pada sistem kami dan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut menjaga suasana kondusif sehingga dapat kami pastikan bahwa data yang beredar di publik adalah bukan data kami. 

Kami akan terus berupaya meningkatkan pengamanan data pelanggan dan menjadikan hal ini sebagai prioritas utama demi meningkatkan kenyamanan pelanggan,” tutup Ahmad Reza.

Gabung dan ikuti kami di :

Penulis: | Editor: Redaksi



whatsapp facebook copas link

Baca Lainnya

Seorang Penumpang Citilink Batam-Surabaya Ketahuan Merokok di Pesawat

20 November 2023 - 14:34 WIB

Penumpang citilink merokok di pesawat

Turnamen Futsal Stikes Hang Tuah Cup Ricuh, Mahasiswa STAIN SAR Dikeroyok

7 Oktober 2023 - 22:27 WIB

Tangkapan Layar kericuhan Futsal STIKES Hang Tuah Cup

Aksi Wanita Curi Uang Sebuah Warung di Tanjungpinang Viral di Media Sosial

1 Agustus 2023 - 11:19 WIB

IMG 20230731 WA0006

Beredar Pesan Berantai Beli Buku LKS di SD 013 Batam, Ini Tanggapan Disdik

26 Juli 2023 - 16:33 WIB

SDN 013 Sekupang Batam

Wanita yang Viral Curi HP di Parkiran Swalayan Tanjungpinang Minta Maaf

16 Juni 2023 - 21:30 WIB

Pelaku dan korban sepakat damai

Aksi Wanita di Tanjungpinang Curi Ponsel di Dashboard Sepeda Motor Terekam CCTV

15 Juni 2023 - 18:29 WIB

Tangkapan layar video wanita di tanjungpinang ambil hp
Trending di Viral