Menu

Mode Gelap

Hukum Kriminal · 30 Mar 2022 21:50 WIB ·

17 Kg Sabu Hasil Tangkapan Pulau Buaya Batam Dimusnahkan


 Pemusnahan sabu dengan cara dimasukkan ke air mendidih di Polresta Barelang, Rabu (30/3).  Foto: Zalfirega/kepripedia.com Perbesar

Pemusnahan sabu dengan cara dimasukkan ke air mendidih di Polresta Barelang, Rabu (30/3). Foto: Zalfirega/kepripedia.com

ADVERTISEMENT
advertisement

Sebanyak 17,206 kg sabu dimusnahkan oleh Polresta Barelang dengan cara dimasukkan ke dalam air mendidih. Narkoba jenis Sabu tersebut merupakan hasil tangkapan sebanyak 22 kg di Pulau Buaya, Batam beberapa waktu lalu.

Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Harry Goldenhardt, menyebutkan bahwa pemusnahan barang bukti ini merupakan amanat dari UU No. 35 tahun 2009 pasal 91.

ADVERTISEMENT
advertisement

“Ini berdasarkan surat ketetapan status sitaan barang narkotika dari Kejaksaan Negeri Kota Batam,” kata Harry, Rabu (30/3).

Dijelaskannya, dari total tangkapan yakni 22 kg sabu, disisihkan sebanyak 132 gram untuk tes laboratorium, 2 gram untuk pengadilan, dan ini dimusnahkan 17.072 gram.

ADVERTISEMENT
advertisement

Untuk barang bukti lainnya dimusnahkan sebanyak 5.043 gram. Disisihkan untuk laboratorium sebanyak 71 gram, untuk pembuktian di pengadilan sebanyak 2 gram, dan untuk dimusnahkan sebanyak 4.970 gram sabu.

“Kepri ini sangat rawan terhadap peredaran narkotika. Dari keseluruhan barang bukti narkotika ini, kita berhasil selamatkan 66 ribu sampai 88 ribu jiwa anak bangsa dari peredaran narkotika ini,” pungkasnya.

ADVERTISEMENT

Sementara itu, Kapolresta Barelang, Kombes Pol Nugroho Tri Nurmantyo, mengatakan dari awal pihaknya berkomitmen untuk terus memberantas peredaran narkotika di Kepri terutama di Kota Batam.

“Saya mengapresiasi atas kinerja Satresnarkoba Polresta Barelang yang tergabung di Satgas Merah Putih yang berhasil tangkap kurir narkoba jaringan Internasional ini,” kata Nugroho.

Dia mengimbau kepada masyarakat, ketika mengetahui atau mendapatkan informasi adanya peredaran narkoba utnuk segera disampaikan ke pihak kepolisian.

ADVERTISEMENT

“Kami tidak juga bisa menumpas tindak kejahatan narkotika ini tanpa adanya bantuan informasi dari masyarakat,” sebut dia.

Dalam pemusnahan itu, turut hadir Sekda Batam Jefridin. Ia mengapresiasi jajaran Polresta Barelang yang telah mengungkap peredaran penyalahgunaan narkoba di Batam.

Dapatkan update berita langsung dari Smartphone anda melalui telegram. Klik t.me/kepripediacom untuk bergabung
Artikel ini telah dibaca 79 kali

Penulis: | Editor: Hasrullah


ADVERTISEMENT
advertisement
Tetap terhubung dengan kami:
advertisement
Baca Lainnya

Setelah Viral Dirusak, Kini Polisi Selidiki Dugaan Korupsi Proyek Pelantar Tempat Wisata Kota Rebah

6 Juli 2022 - 13:22 WIB

7 Pelaku Penyelundupan PMI Ilegal dari Bintan ke Malaysia Ditangkap Polisi

5 Juli 2022 - 22:01 WIB

Kurang dari 24 Jam, Pencuri Motor di Batam Ini Ditangkap

4 Juli 2022 - 21:50 WIB

Polisi Tangkap Spesialis Curanmor yang Beraksi di Tanjungpinang dan Bintan

4 Juli 2022 - 16:47 WIB

Ilustrasi pencurian dan maling motor

Maling Bongkar 3 Kotak Infak Masjid Al Falah Tanjungpinang

3 Juli 2022 - 14:12 WIB

Penyelundupan 42 PMI Ilegal di Batam Digagalkan, Seorang Panyalur Tersangka

2 Juli 2022 - 19:48 WIB

Trending di Hukum Kriminal
advertisement