Menu

Mode Gelap

Warta · 15 Jun 2022 20:43 WIB ·

77 Tower BTS Dibangun di Daerah 3T Tahun Ini, Progres Pembangunan 50 Persen


 Kadiskominfo Kepri, Hasan, bertemu staf khusus Kemenkominfo, Rosarita Niken, di Jakarta, Rabu (15/6). Foto: Dok Diskominfo Kepri Perbesar

Kadiskominfo Kepri, Hasan, bertemu staf khusus Kemenkominfo, Rosarita Niken, di Jakarta, Rabu (15/6). Foto: Dok Diskominfo Kepri

ADVERTISEMENT
advertisement

Pemerintah terus menggesa upaya penuntasan kawasan titik buta atau blindspot sinyal telekomunikasi di Provinsi Kepulauan Riau.

Tahun 2022 ini, direncanakan sebanyak 77 tower Base Transceiver Station (BTS) dibangun di sejumlah wilayah yang masuk dalam kategori terdepan, terpencil dan tertinggal (3T) di Kepri.

Total tower BTS yang dibangun tersebut merupakan program Badan Aksebilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo sebanyak 35 unit dan 42 unit dari Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kepri, Hasan, menyampaikan hingga kini progres pembangunan tower BTS terus digesa. Adapun progres tower BTS yang dibangun BAKTI Kominfo sudah mencapai 50 persen, sementara untuk BTS yang dibangun Dirjen PPI sudah 48 persen.

ADVERTISEMENT
advertisement

“Kami dari Pemprov Kepri sangat serius ingin mempercepat penuntasan pembangunan BTS ini, karena wilayah perbatasan sangat membutuhkan akses telekomunikasi untuk sekaligus mendukung kedaulatan negara,” ungkapnya saat menemui Staf Khusus Menteri Kominfo RI di Jakarta, Rabu (15/6). 

Ia memaparkan, khusus di Kabupaten Natuna, progres pembangunan sebanyak 17 titik tower BTS sudah rampung 100 persen.

ADVERTISEMENT

Diharapkan, dengan selesainya tower di daerah perbatasan tersebut dapat meningkatkan layanan telekomunikasi menjadi broadband 4G.

“Kita yakin adanya sinyal broadband 4G bisa sangat membantu masyarakat di perbatasan, karena kecepatan akses informasi menjadi kebutuhan dasar yang harus dirasakan seluruh masyarakat Kepri,” kata Hasan.

Selain itu, untuk mempercepat penuntasan pembangunan BTS di Kepri, lanjut Hasan, pemerintah daerah juga membantu pada persoalan lahan. 

ADVERTISEMENT

Salah satunya, relokasi tower BTS di Bintan dan Anambas. Karena, setelah dilakukan survei ternyata lokasi sebelumnya tidak bisa memenuhi prasyaratan untuk mendapatkan sinyal. 

“Tinggal pembangunan fisik saja yang segera digesa untuk sisa BTS yang belum didirikan, kami optimis Kemenkominfo bisa membantu Pemprov Kepri menuntaskan blindspot sinyal di Kepri,” kata Hasan. 

Sementara itu, Staf Khusus Menteri Kominfo RI, Rosarita Niken Widiastuti, mengapresiasi Pemprov Kepri yang sangat serius memperluas jaringan telekomunikasi di daerah Kepri. Menurutnya, Pemprov Kepri sangat membantu Kementerian Kominfo menjangkau wilayah 3T untuk memperluas sinyal broadband 4G. 

ADVERTISEMENT

“Kami dari Kementerian Kominfo siap memfollow up untuk mempercepat pembangunan BTS yang ada di Kepri, agar masyarakat disana bisa segera merasakan manfaat sinyal 4G,” sebutnya.

Menanggapi permintaan Pemprov Kepri untuk mempercepat pembangunan BTS di wilayah perbatasan, Kementerian Kominfo akan segera mengadakan rapat koordinasi pembahasan progres dan target pembangunan infrastruktur desa-desa dan layanan seluler teknologi 4G tahun 2022 di wilayah Jawa dan Sumatera yang diselenggarakan pada Kamis, (28/6) mendatang.

Dapatkan update berita langsung dari Smartphone anda melalui telegram. Klik t.me/kepripediacom untuk bergabung
Artikel ini telah dibaca 15 kali

Penulis: | Editor: Redaksi


ADVERTISEMENT
advertisement
Tetap terhubung dengan kami:
advertisement
Baca Lainnya

Logo Holywings Batam Hilang, Tempatnya Tetap Beroperasi

1 Juli 2022 - 21:16 WIB

Ketersediaan Minyak Goreng Curah di Karimun 20 Ton, Harga Eceran Tertinggi Rp 15 Ribu

1 Juli 2022 - 19:21 WIB

Papan Nama Tutupi u-Turn, Jalan Brigjen Katamso Tanjunguncang Rawan Kecelakaan

1 Juli 2022 - 16:52 WIB

Cuaca Buruk, Kapal Ikan Dilaporkan Karam di Pulau Mapur

30 Juni 2022 - 19:08 WIB

Sembako Mahal, DPRD Batam Desak Pemko Gelar Operasi Pasar Murah

30 Juni 2022 - 18:44 WIB

Batu Miring Roboh Akibat Cuaca Ekstrem di Komplek Ruko Karimun

30 Juni 2022 - 16:45 WIB

Trending di Warta
advertisement