Menu

Mode Gelap

Warta · 22 Feb 2023 20:45 WIB

Akademi IBM Hybrid Cloud dan AI Dibuka di Batam


					Pembukaan IBM Academy untuk Hybrid Cloud dan AI di Nongsa Digital Park, Rabu (22/2). Foto: Zalfirega/kepripedia.com Perbesar

Pembukaan IBM Academy untuk Hybrid Cloud dan AI di Nongsa Digital Park, Rabu (22/2). Foto: Zalfirega/kepripedia.com

IBM (NYSE: IBM) baru saja mengumumkan pembukaan IBM Academy untuk Hybrid Cloud dan AI yang bertujuan untuk mendukung aspirasi Indonesia. 

Ini menjadi yang terdepan di bidang teknologi dan keterampilan teknis profesional di Asia Tenggara, sesuai dengan Peta Jalan Ekonomi Digital Indonesia.

ADVERTISEMENT

“Peningkatan keterampilan yang siap pakai diharapkan dapat mendorong transformasi digital di Indonesia,” ujar Paul Burton, General Manager, IBM Asia Pasifik di Nongsa Digital Park,  Rabu (22/2). 

Menurut McKinsey & Company Indonesia, perusahaan konsultan manajemen global asal Amerika, IBM Academy juga akan menawarkan kursus di bidang AI, Hybrid Cloud, dan keamanan siber yang diambil dari program IBM SkillsBuild dan Red Hat, yang dijadwalkan akan dimulai pada 6 Maret mendatang.

Berbeda dengan kursus e-learning asinkron yang ditargetkan pada siswa secara massal, IBM Academy akan memberikan kesempatan unik bagi siswa untuk mempelajari keterampilan yang dibutuhkan melalui kelas yang dipimpin oleh 10096 instruktur dan lokakarya langsung.

“Selain itu, para siswa juga akan mendapatkan pelatihan di tempat selama 6 minggu dengan wawasan dan pengalaman langsung dari para pakar industri dan teknologi regional,” ungkapnya. 

“Indonesia memiliki salah satu demografi penduduk termuda di ASEAN. Dengan memberikan keterampilan yang siap pakai bagi tenaga kerja masa depan, inisiatif ini akan meningkatkan strategi negara untuk melengkapi talenta dan mempercepat keunggulan kompetitif di dunia yang semakin digital,” tambah dia.

CEO Nongsa Digital Park, Mike Wiluan menuturkan kurikulum yang ditawarkan oleh Akademi ini juga akan menjadi bagian dari program Kampus Merdeka dari Kementerian Pendidikan yang dapat diakses oleh seluruh mahasiswa di seluruh Indonesia.

Ia mengatakan para siswa di angkatan pertama ini akan mendapatkan akses, tanpa biaya bagi kursus Red Hat Certified System Administration, kursus AI dan Cybersecurity berstandar industri IBM SkillsBuild, praktikum, studi kasus, dan kredensial digital. 

ADVERTISEMENT

“Sesuai dengan apa yang telah disusun oleh Pemerintah Indonesia tentang Kampus Merdeka. Disini kami juga membangun tenaga kerja Indonesia yang berwawasan maju guna memenuhi permintaan sektor ekonomi digital yang kian meningkat,” kata dia. 

Dijelaskan proyek akhir dan ujian akhir mahasiswa akan menjadi kunci dan mahasiswa akan menerima sertifikasi yang diakui oleh industri setelah lulus. 

Setelah fase percontohan, Akademi ini akan berkolaborasi, dimulai dengan tujuh universitas terkemuka untuk memperluas kurikulum keterampilan yang dibutuhkan.

ADVERTISEMENT

Mulai dari pembelajaran mesin, Al dasar, arsitektur cloud, teknik Cybersecurity, keamanan jaringan, arsitektur zero trust, hingga administrasi sistem Red Hat ke kelompok siswa yang lebih luas. 

“Akademi ini juga berencana untuk berkolaborasi dengan lebih banyak universitas dan memperluas cakupan ke ribuan pelajar dalam tiga tahun ke depan,” pungkasnya. 

Gabung dan ikuti kami di :

Penulis: | Editor: Redaksi



whatsapp facebook copas link

Baca Lainnya

Bupati Nizar dan Gubernur Ansar Lepas Takbir Keliling di Dabo

10 April 2024 - 22:00 WIB

IMG 20240410 WA0064

Tahun 2024, Pemda Bintan Siapkan Rp 5,5 M untuk Insentif RT/RW

8 April 2024 - 20:34 WIB

IMG 20240328 WA0101

Sambut Idul Fitri 1445 H, Segini Besaran THR Honorer, PTT dan THL Pemkab Bintan

7 April 2024 - 21:29 WIB

Bupati Bintan Roby Kurniawan

Polda Kepri Siapkan 216 Tiket Kapal Gratis Mudik Lebaran di Pelabuhan Punggur

6 April 2024 - 11:38 WIB

IMG 20240406 WA0004 11zon

KPPLP Adakan Mudik Gratis Naik Kapal Negara Kijang-Dabo, Kuota Terbatas

6 April 2024 - 08:58 WIB

IMG 20240406 050552 888 01 11zon

Jamin Keamanan Mudik, BNN Tanjungpinang Tes Urine Penumpang dan ABK Pelabuhan SBP

5 April 2024 - 13:13 WIB

IMG 20240405 WA0043
Trending di Warta