Menu

Mode Gelap

Event · 23 Jun 2022 21:37 WIB ·

Festival Budaya Tionghoa di Tanjungpinang Digelar 25-26 Juni 2022


 Konferensi pers event Festival Budaya Tionghoa di Tanjungpinang. Foto: Istimewa Perbesar

Konferensi pers event Festival Budaya Tionghoa di Tanjungpinang. Foto: Istimewa

ADVERTISEMENT
advertisement

Pagelaran Festival Budaya Tionghoa 2022 di Tanjungpinang dilaksanakan pada 25 dan 26 Juni 2022 mendatang. Iven pariwisata ini akan dilaksanakan di Mall Tanjungpinang City Centre (TCC) dan diharapkan memberi dampak positif bagi perputaran ekonomi.

Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kepri, Afitri Susanti, iven pariwisata ini digelar oleh Ikatan Tionghoa Muda (ITM) Kepri merupakan yang pertama kali digelar di Kepri. 

Festival Budaya Tionghoa ini akan menampilkan akulturasi budaya Melayu dan Tionghoa yang disajikan melalui berbagai pertunjukan kesenian. Mulai dari pertunjukan barongsai, fashion show pakaian tradisional Tionghoa, dekorasi pernikahan budaya Tionghoa, stand  pakaian Tionghoa, opera china, kuliner Tionghoa, hingga bazar. 

“Dengan adanya festival ini diharapkan dapat melestarikan  budaya yang ada  Tionghoa yang sudah terakulturasi dengan budaya melayu,” ungkapnya di Kantor Dispar Kepri, Pulau Dompak, Kamis (23/6).

ADVERTISEMENT
advertisement

Selain itu, dalam event wisata ini pihaknya  juga memberikan ruang bagi pelaku UMKM untuk berjualan, sehingga diharapkan dapat memicu perputaran ekonomi yang baik saat festival itu berlangsung.

“Kita manfaatkan agar ini juga bisa bernilai komersial sehingga terjadi perputaran ekonomi yang baik. Kami targetkan seribu kunjungan dalam iven ini,” sebut Afitri.

ADVERTISEMENT

Ditambahkannya, festival dengan upaya Pelestarian akulturasi budaya Tionghoa ini memang baru pertama kali dilaksanakan tahun ini. Sebelumnya, di sejumlah daerah sudah pernah dilaksanakan iven budaya Tionghoa, seperti Festival Barongsai dan Lampu Lampion di Karimun,

Diharapkan, event Festival budaya di Tanjungpinang ini dapat digelar secara rutin, sehingga bisa dimasukan dalam kalender wisata kedepan.

“Dengan begitu, bisa menarik minta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) untuk menyaksikan Festival Budaya Tionghoa,” ucapnya.

ADVERTISEMENT

Sementara itu, Ketua ITM Provinsi Kepri, Edyanto, menyebut selain pertunjukan seni festival yang digelar selama 2 hari tersebut juga akan memberikan edukasi kepada masyarakat. Dimana, akan digelar Talk Show membahas akulturasi budaya Tionghoa dengan Melayu di Provinsi Kepri.

Karena, Kebudayaan dan sejarah Tionghoa tentu saja tidak bisa dipisahkan, baik di Indonesia khususnya Kepri.

“Namun demikian, ini kita jadikan sebagai kekuatan bukan sebagai pemisah. Karena, kita menjadi juga bagian dari Provinsi Kepri,” demikian Edy.

ADVERTISEMENT
Dapatkan update berita langsung dari Smartphone anda melalui telegram. Klik t.me/kepripediacom untuk bergabung
Artikel ini telah dibaca 51 kali

Penulis: | Editor: Redaksi


Tetap terhubung dengan kami:

ADVERTISEMENT
advertisement
advertisement
Baca Lainnya

Kepala BP Batam Buka Pameran Kemaritiman Terbesar di Indonesia

5 Agustus 2022 - 14:22 WIB

Sambut 1 Muharam, Warga Marina View Cari Bibit Unggul Lewat Lomba Baca al-Quran

25 Juli 2022 - 13:21 WIB

Kogabwilhan I dan IOF Kepri Bakal Gelar Bintan Offroad, Total Hadiah Ratusan Juta

18 Juli 2022 - 17:33 WIB

2 Siswa di Karimun Ini Wakili Kepri Pada Ajang Pekan Inovasi dan Riset Nasional

18 Juli 2022 - 10:26 WIB

Pekan Olahraga Jaksa Batam Dibuka, Dimulai Dengan Jalan Santai

17 Juli 2022 - 20:59 WIB

Semarak HUT ke-54 BPJS Kesehatan, Gelar Senam dan Donor Darah Massal

13 Juli 2022 - 14:05 WIB

Trending di Event
advertisement