Menu

Mode Gelap

Event · 23 Jun 2022 21:37 WIB

Festival Budaya Tionghoa di Tanjungpinang Digelar 25-26 Juni 2022


					Konferensi pers event Festival Budaya Tionghoa di Tanjungpinang. Foto: Istimewa Perbesar

Konferensi pers event Festival Budaya Tionghoa di Tanjungpinang. Foto: Istimewa

Pagelaran Festival Budaya Tionghoa 2022 di Tanjungpinang dilaksanakan pada 25 dan 26 Juni 2022 mendatang. Iven pariwisata ini akan dilaksanakan di Mall Tanjungpinang City Centre (TCC) dan diharapkan memberi dampak positif bagi perputaran ekonomi.

Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kepri, Afitri Susanti, iven pariwisata ini digelar oleh Ikatan Tionghoa Muda (ITM) Kepri merupakan yang pertama kali digelar di Kepri. 

ADVERTISEMENT

Festival Budaya Tionghoa ini akan menampilkan akulturasi budaya Melayu dan Tionghoa yang disajikan melalui berbagai pertunjukan kesenian. Mulai dari pertunjukan barongsai, fashion show pakaian tradisional Tionghoa, dekorasi pernikahan budaya Tionghoa, stand  pakaian Tionghoa, opera china, kuliner Tionghoa, hingga bazar. 

“Dengan adanya festival ini diharapkan dapat melestarikan  budaya yang ada  Tionghoa yang sudah terakulturasi dengan budaya melayu,” ungkapnya di Kantor Dispar Kepri, Pulau Dompak, Kamis (23/6).

Selain itu, dalam event wisata ini pihaknya  juga memberikan ruang bagi pelaku UMKM untuk berjualan, sehingga diharapkan dapat memicu perputaran ekonomi yang baik saat festival itu berlangsung.

“Kita manfaatkan agar ini juga bisa bernilai komersial sehingga terjadi perputaran ekonomi yang baik. Kami targetkan seribu kunjungan dalam iven ini,” sebut Afitri.

Ditambahkannya, festival dengan upaya Pelestarian akulturasi budaya Tionghoa ini memang baru pertama kali dilaksanakan tahun ini. Sebelumnya, di sejumlah daerah sudah pernah dilaksanakan iven budaya Tionghoa, seperti Festival Barongsai dan Lampu Lampion di Karimun,

Diharapkan, event Festival budaya di Tanjungpinang ini dapat digelar secara rutin, sehingga bisa dimasukan dalam kalender wisata kedepan.

“Dengan begitu, bisa menarik minta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) untuk menyaksikan Festival Budaya Tionghoa,” ucapnya.

ADVERTISEMENT

Sementara itu, Ketua ITM Provinsi Kepri, Edyanto, menyebut selain pertunjukan seni festival yang digelar selama 2 hari tersebut juga akan memberikan edukasi kepada masyarakat. Dimana, akan digelar Talk Show membahas akulturasi budaya Tionghoa dengan Melayu di Provinsi Kepri.

Karena, Kebudayaan dan sejarah Tionghoa tentu saja tidak bisa dipisahkan, baik di Indonesia khususnya Kepri.

“Namun demikian, ini kita jadikan sebagai kekuatan bukan sebagai pemisah. Karena, kita menjadi juga bagian dari Provinsi Kepri,” demikian Edy.

ADVERTISEMENT
Gabung dan ikuti kami di :

Penulis: | Editor: Redaksi



whatsapp facebook copas link

Baca Lainnya

Kafilah Tanjungpinang di Pawai Ta’aruf MTQH ke-X, Usung Tema Kerajaan Melayu Pulau Penyengat

20 Mei 2024 - 17:52 WIB

IMG 20240520 WA0037 11zon

Pawai Ta’aruf Semarakkan MTQH Ke X Provinsi Kepri di Batam

20 Mei 2024 - 13:15 WIB

Pawai Taaruf MTQ Kepri

Pendaftaran Festival Lampu Colok di Karimun Dibuka hingga 1 April 2024

26 Maret 2024 - 15:22 WIB

IMG 20231002 WA0014 11zon

Lomba Video Promosi Wisata Desa Resun, Hadiah Jutaan Rupiah!

13 Maret 2024 - 21:47 WIB

Lomba video wisata desa resun

Pemilihan Duta GenRe 2024 Lingga, Ini Para Finalisnya

1 Maret 2024 - 13:57 WIB

Apresiasi Duta GenRe Lingga Tahun 2024

Berikut Pemenang Lomba Menulis #6tahunajitanjungpinang Tingkat SMA/SMK/MA dan Mahasiswa

19 Februari 2024 - 14:07 WIB

Penyerahan hadiah pemenang lomba menulis AJI Tanjungpinang
Trending di Event