Menu

Mode Gelap

Politik · 12 Okt 2023 15:28 WIB

Keluarga Anggota KPU Lingga Nyaleg hingga Dilaporkan ke DKPP, Begini Kata Tokoh


					Keluarga Anggota KPU Lingga Nyaleg hingga Dilaporkan ke DKPP, Begini Kata Tokoh Perbesar

Seluruh anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lingga dilaporkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Laporan tersebut berkaitan dengan adanya keluarga dari salah satu komisioner KPU Lingga yang ikut menjadi peserta Pemilu 2024 mendatang sebagai Calon Legislatif (Caleg) di Kabupaten Lingga.

ADVERTISEMENT

Menanggapi hal tersebut, Irham, salah satu tokoh masyarakat yang juga mantan Komisioner KPU Lingga menilai bahwa adanya keluarga komisioner yang mencalonkan diri bukan-lah sesuatu yang melanggar selama tidak ada tindakan langsung yang menunjukkan keberpihakannya.

“Tidak masalah selama tidak ada afiliasi (perbuatan yang terbukti keterpihakannya). Namun perlu ada pernyataan yang disampaikan ke publik,” kata dia.

Namun demikian, Irham memandang permasalahan tersebut seharusnya menjadi perhatian saat seleksi Komisioner KPU. Dimana anggota KPU yang memiliki hubungan keluarga dengan politisi tersebut terpilih dan lolos seleksi.

Secara sosiologis, lanjut dia, meski anggota tersebut bersikap netral, tetap akan menjadi catatan dan sorotan masyarakat karena penyelenggara memiliki hubungan khusus dengan peserta pemilu (Caleg).

“Nah untuk pelanggarannya perlu bukti nyata bahwa ada perbuatan membantu calon tersebut. Misalnya saat keluarganya itu kampanye dia ikut dan sebagainya maka itu pelanggaran,”.

“Kalau misalnya dia berboncengan dengan istrinya yang caleg, maka statusnya juga ranah pribadi sebagai suami istri,” imbuhnya.

Baca: KPU Lingga Dilaporkan ke DKPP soal Keluarga Komisioner Nyaleg

ADVERTISEMENT

Baca: KPU Lingga Pastikan Ikuti Peraturan yang Berlak

Sebagaimana diketahui komisioner (anggota) KPU Lingga telah dilaporkan ke DKPP terkait belum adanya deklarasi ke publik bahwa ada anggota atau komisioner yang memiliki hubungan keluarga dengan calon legislatif.

Berdasarkan surat yang dilihat kepripedia laporan tersebut masuk ke DKPP pada Agustus 2023 kemarin dengan Nomor pengaduan No. 139-P/L-DKPP/VIII/2023 yang diregistrasi dengan Perkara No. 113-PKE-DKPP/IX/2023. Yang mana teradu ialah ketua dan anggota KPU Lingga, yakni Ardhi Auliya, Septiadi Syarza, Tiara Wulandari, Refli Bawengan, Dian Fanama.

ADVERTISEMENT

Atas aduan itu, kelima komisioner KPU Lingga itu telah dilayangkan surat panggilan sidang yang akan digelar pada 18 Oktober 2023 mendatang dengan agenda mendengarkan pokok pengaduan dari Pengadu, jawaban Teradu dan mendengarkan keterangan saksi.

Panggilan tersebut dibenarkan oleh Tim Pemeriksa Daerah Kepulauan Riau, Muhammad Sjahri Papene.

“Sudah ada panggilan sidang atas pengaduan a quo. Jadi nanti para teradu (ketua & anggota KPU Lingga) akan menyampaikan penjelasan dan jawaban (hal-hal terkait yang diadukan),” kata Sjahri saat dikonfirmasi kepripedia, Kamis (12/10).

ADVERTISEMENT

“Kalau dari panggilan undangan sidang etik yang DKPP kirimkan, (sidang) dilaksanakan di Tanjungpinang,” kata pria yang juga merupakan anggota KPU Provinsi Kepri tersebut.

Gabung dan ikuti kami di :

Penulis: | Editor: Hasrullah



whatsapp facebook copas link

Baca Lainnya

Gabungan Ormas hingga Paguyuban di Karimun Dukung Aunur Rafiq Maju Calon Wagub Kepri

15 Juni 2024 - 12:41 WIB

IMG 20240615 WA0037 11zon

Menakar Kans Politik Firmansyah di Pilkada Karimun 2024, Antara Duel dan Duet

6 Juni 2024 - 09:51 WIB

IMG 20240606 WA0004 11zon

Luncurkan Tahapan Pilkada 2024, KPU Karimun Ajak Masyarakat Sukseskan Pemilu

28 Mei 2024 - 11:54 WIB

IMG 20240528 WA0029 11zon

IMKL Secara Terbuka Dukung Bacalon Bupati Lingga, Mantan Ketua Beri Kritik Menohok

24 Mei 2024 - 12:18 WIB

Demisioner Ketua IMKL 2017-2019 Ryan

NasDem Lingga Disanksi Teguran Langgar Administrasi Pemilu, Bagaimana Nasib Caleg Terpilih?

13 Mei 2024 - 14:16 WIB

Ketua KPU Lingga Ardhy Aulia

Nasdem dan KPU Lingga Diputuskan Bersalah Lakukan Pelanggaran Administrasi Pemilu 2024

13 Mei 2024 - 14:03 WIB

Sidang pelanggaran administratif KPU dan Nasdem Lingga oleh bawaslu kepri
Trending di Hukum Kriminal