Menu

Mode Gelap

Event · 1 Mar 2022 17:54 WIB ·

Kenduri Seni Melayu dan Festival Kuliner Nusantara Masuk Kharisma Event Nusantara 2022


 Penampilan Kenduri Seni Melayu di Batam. Foto: festival-indonesia.id Perbesar

Penampilan Kenduri Seni Melayu di Batam. Foto: festival-indonesia.id

ADVERTISEMENT
advertisement

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Badan Pariwisata Ekonomi Kreatif Republik Indonesia luncurkan Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 di Jakarta. Ada dua event dari Provinsi Kepulauan Riau yang masuk dalam kalender yakni Event Kenduri Seni Melayu dan Festival Kuliner Nusantara. Selasa, (1/3).

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, Buralimar menghadiri langsung acara peluncuran tersebut . Ia mengatakan kedua event yang terpilih itu akan dilaksanakan tahun 2022 ini. Pemilihannya berdasarkan proses dan tahapan kurasi dari pihak Kemenpar. Kegiatan ini menjadi bentuk terobosan untuk mengembalikan gairah industri kreatif di Indonesia, khususnya sektor event.

“Event kita masuk yaitu Kenduri Seni Melayu di Batam dan Festival Kuliner Nusantara di Tanjungpinang. Semoga event ini dapat memberikan dampak signifikan bagi ekonomi, sosial, budaya, hingga lingkungan,” jelas Buralimar.

Dalam peluncuran KEN 2022, Buralimar mengungkapkan event sport tourism belum masuk dalam daftar kalender. Namun akan menjadi event terpisah.

ADVERTISEMENT
advertisement

“Untuk sport tourism event tersendiri. Semoga sport tourism di Kepri banyak yang masuk dalam seleksi. Hanya belum terpublish saja,” tambahnya.

Untuk diketahui, Kenduri Seni Melayu atau KSM adalah event yang usianya sudah lama dan rutin diadakan di Batam, Kepulauan Riau sejak tahun 1999 silam. Tahun ini menjadi tahun ke-24 pelaksanaannya. Pergelaran SKM bukan saja tentang Melayu, namun juga menampilkan pertunjukan seni dari berbagai daerah. Tujuannya tentu saja untuk melestarikan dan mengenalkan keunikan budaya Melayu maupun Nusantara.

ADVERTISEMENT

Sedangkan Festival Kuliner Nusantara dilaksanakan pertama kali di tahun 2013. kedua di tahun 2014 dan tekahir tahun 2020. Festival Kuliner Nusantara menghadirkan dan memperkenalkan kuliner dari berbagai daerah yang tergabung dalam paguyuban. Selain itu juga festival ini memberikan kepuasan bagi pencinta kuliner dalam mengeksplorasi keinginan mereka terhadap kekayaan kuliner nusantara.

Dapatkan update berita langsung dari Smartphone anda melalui telegram. Klik t.me/kepripediacom untuk bergabung
Artikel ini telah dibaca 116 kali

Penulis: | Editor: Redaksi


Tetap terhubung dengan kami:

ADVERTISEMENT
advertisement
advertisement
Baca Lainnya

Rutan Fashion Week, Warga Binaan Gunakan Kustom Unik Fashion

11 Agustus 2022 - 14:53 WIB

Kepala BP Batam Buka Pameran Kemaritiman Terbesar di Indonesia

5 Agustus 2022 - 14:22 WIB

Sambut 1 Muharam, Warga Marina View Cari Bibit Unggul Lewat Lomba Baca al-Quran

25 Juli 2022 - 13:21 WIB

Kogabwilhan I dan IOF Kepri Bakal Gelar Bintan Offroad, Total Hadiah Ratusan Juta

18 Juli 2022 - 17:33 WIB

2 Siswa di Karimun Ini Wakili Kepri Pada Ajang Pekan Inovasi dan Riset Nasional

18 Juli 2022 - 10:26 WIB

Pekan Olahraga Jaksa Batam Dibuka, Dimulai Dengan Jalan Santai

17 Juli 2022 - 20:59 WIB

Trending di Event
advertisement