Menu

Mode Gelap

Warta · 19 Feb 2022 17:30 WIB ·

Menko Marves Dorong Batam Jadi Hub Maritim dan Perekonomian


 Ilustrasi Pelabuhan. Foto: Canva Perbesar

Ilustrasi Pelabuhan. Foto: Canva

ADVERTISEMENT
advertisement

Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi mendorong Kawasan Batam menjadi hub kegiatan maritim dan perekonomian dengan pembangunan Batam New Port di Tanjungpinggir Sekupang.

“Kami harapkan Batam bisa menjadi hub untuk kegiatan kemaritiman dan perekonomian dengan standar ‘green and smart port’ sehingga akan didesain untuk jangka waktu hingga 2045 dari segi IT, lingkungan, pembangunan yang berkelanjutan dan termasuk keberpihakan dari pada ‘climate change’, jadi desain sesuai standar internasional,” kata Penasehat Menteri Bidang Pertahanan dan Keamanan Maritim Kemenko Marves ,Laksamana TNI (Purn) Marsetio di Batam.

Ia mengatakan aktivitas pelabuhan Singapura mencapai rata-rata 33 sampai 35 juta TEUs per tahun. Dan 18 hingga 19 juta TEUs di antara aktivitas bongkar muat itu berasal dari Indonesia.

“Itu semua datanya ke Singapura. Sekarang dengan hadirnya pelabuhan ini, kita harapkan datangnya ke Indonesia. Apalagi Pelindo sudah bersatu dari Pelindo 1 hingga 4 menjadi satu Pelindo. Di mana dalam setahun data dari pelabuhan di bawah Pelindo kurang lebih hampir 18 juta sampai dengan 19 juta TEUs. Saya kira ini sebuah momentum dan sudah dicanangkan oleh Pak Menko Marves dimana sebelum tahun 2024 harus sudah tuntas,” kata dia dalam keterangan tertulis.

ADVERTISEMENT
advertisement

Staf Ahli Bidang Konektivitas Kemenko Marves Sahad M Panggabean menyatakan peletakan batu pertama Batam New Port direncanakan pada akhir September atau awal Oktober 2022.

Pihaknya masih menyiapkan regulasi dan teknis terkait pembangunan pelabuhan di seberang Singapura itu.

ADVERTISEMENT

Pihaknya pun saat ini masih berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait untuk mempercepat revisi regulasi yang dibutuhkan dalam pembangunan Batam New Port.

“Kemudian, dari sisi teknis, dari Kementerian PUPR akan membantu dari segi aspek teknisnya dan juga data dari BP Batam juga sudah lengkap dan langkah untuk ground breaking bisa kita percepat,” kata dia.

Sementara itu anggota Bidang Administrasi dan Keuangan BP Batam, Wahjoe Triwidijo K menyatakan pihaknya mendukung kebijakan pemerintah dalam menginisiasi pembangunan Batam New Port.

ADVERTISEMENT

“Pembangunan Batam New Port ini, kami harapkan dapat mempercepat proses perpindahan barang dari dan ke Batam, memperlancar arus ekspor dan impor, sebagaimana visi Kepala BP Batam Muhammad Rudi untuk kemudahan aksesibilitas barang. Hal ini tentu akan menambah kembali daya saing Kota Batam di mata Internasional,” kata dia.

Dapatkan update berita langsung dari Smartphone anda melalui telegram. Klik t.me/kepripediacom untuk bergabung
Artikel ini telah dibaca 66 kali

Penulis: | Editor: Redaksi


ADVERTISEMENT
advertisement
Tetap terhubung dengan kami:
advertisement
Baca Lainnya

MTQ IX Tingkat Provinsi Kepri 2022 di Anambas Bakal Mundur dari Jadwal

19 Mei 2022 - 21:59 WIB

Upaya Cegah Stunting, UPT Puskesmas Posek Luncurkan Program PALACS

19 Mei 2022 - 21:53 WIB

Siap Tampung Keluhan Layanan Publik, Ombudsman Kepri Akan Gelar PVL on The Spot di Lingga

19 Mei 2022 - 21:38 WIB

Ratusan Penumpang Berangkat Dalam Pelayaran Perdana Karimun-Malaysia

19 Mei 2022 - 20:12 WIB

DPD KNPI Kota Batam Segera Bentuk Pengurusan PK KNPI

19 Mei 2022 - 17:06 WIB

Lahan Seluas 138.661 Hektare di Perairan Bintan Ditetapkan Jadi Kawasan Konservasi

19 Mei 2022 - 16:56 WIB

Trending di Warta
advertisement