Menu

Mode Gelap

Warta · 20 Mar 2023 11:32 WIB

Pencarian Korban Longsor di Natuna Ditutup, 4 Orang Hilang Tak Ditemukan


					Kondisi longsor di Serasan,  Natuna. Foto: Diskominfo Natuna Perbesar

Kondisi longsor di Serasan, Natuna. Foto: Diskominfo Natuna

Masa pencarian korban longsor di Natuna, tepatnya yang terjadi di Dusun Genting, Desa Pangkalan, Serasan ditutup pada Sabtu (18/3).  Terdapat 4 korban hilang yang masih tak ditemukan hingga hari akhir pencarian.

Berdasarkan data yang dirilis Diskominfo Natuna, keempat korban tersebut terdiri dari 3 laki-laki dan 1 Perempuan. Yakni atas nama Baim (L), Happy Waskito (L), Yahboh/Bacthiar (L), dan Kak Salus/Sahlia (P).

ADVERTISEMENT

Penutupan masa pencarian ini pun telah dipastikan Bupati Natuna selaku komandan satgas Penanganan Bencana Longsor Serasan dengan seluruh tim gabungan usai menggelar rapat akhir penutupan masa pencarian korban bencana longsor serasan, Minggu (19/3).

Dalam rapat tersebut Bupati Natuna, Wan Siswandi, menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh tim gabungan yang telah bekerja keras dalam penanganan bencana Serasan. Menurutnya, sinergi seluruh tim gabungan selama proses penanganan bencana ini dapat berjalan dengan sangat baik dan kondusif.

“Tentunya kerjasama seluruh tim gabungan sangat berpengaruh dalam penanganan bencana ini. Dari pemerintah daerah kami menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang setinggi tingginya atas bantuan dan dukungannya sehingga proses penangan bencana ini dapat berjalan dengan baik,”  ujar Wan Siwandi.

Baca: Kemensos Salurkan Bantuan Korban Longsor di Natuna Total Rp 1,14 Miliar

Selanjutnya Bupati Natuna menyebutkan, kini penanganan bencana longsor sudah masuk pada tahap transisi dan recovery tanggap darurat hingga 31 maret 2023.

“Kita sudah bertemu dan melakukan mediasi dengan pihak keluarga untuk menyampaikan bahwa masa pencarian akan ditutup pada tanggal 18 maret 2023. Alhamdulillah setelah memberikan pengertian, keluarga dapat menerima dan sudah kita mengikhlaskan,” ujarnya.

Di jelaskannya, pada masa transisi ini ada beberapa hal yang akan dilakukan, termasuk relokasi rumah yang sedang dibangun oleh Kementerian PUPR,

ADVERTISEMENT

Para korban yang terdampak dapat memilih dua alternatif. Pertama dapat tinggal dipengungsian dan kebutuhannya akan di penuhi. Kedua warga yang terdampak dapat tinggal diluar pengungsian dan akan diberikan uang hunian tunai dalam masa tunggu tiga bulan hingga rumah relokasi selesai dibangun.

Sementara itu, Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda, menyampaikan sebelum tim PUPR kembali pihaknya akan terlebih dahulu memperbaiki jalan dan jembatan yang terputus agar akses jalan dapat kembali normal.

Baca: Pemerintah Bakal Bangun Rumah untuk Korban Longsor di Natuna

ADVERTISEMENT

Berdasarkan data, hingga hari pencarian terakhir pertanggal 18 maret 2023, Dilaporkan sebanyak 50 jenazah terindetifikasi. Terdapat 4 korban luka berat.

Sementara pengungsi sebanyak 478 orang. Terdiri dari pengungsian PLBN 33 orang, Pelimpak 26 orang, Kp. Hilir 66 orang, Batu Berian 22 orang, Desa Payak 5 orang, dan Tanjung Setelung 3 orang.

Kemudian di SMAN 1 sebanyak 194 orang, Jermalik 33 orang, Arun Ayam 72 orang, dan Air Ringau  4 orang.

ADVERTISEMENT

Di akhir rapat, Bupati Natuna menyerahkan akte kematian kepada kepala Desa Pangkalan, lalu dilanjutkan dengan ziarah makan bersama oleh seluruh tim gabungan dan doa bersama yang dilaksanakan di Masjid al-Fuqron.

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Diskominfo Natuna (@diskominfonatuna)

Gabung dan ikuti kami di :

Penulis: | Editor: Redaksi



whatsapp facebook copas link

Baca Lainnya

Insiden “Pengusiran” Wartawan Berakhir Damai, KPU Lingga Minta Maaf: Harap Tak Terulang

2 Maret 2024 - 17:17 WIB

Ketua KPU Lingga bertemu sejumlah wartawan

NasDem Paling Banyak, Berikut 25 Nama Bakal Duduki Kursi DPRD Lingga

2 Maret 2024 - 16:21 WIB

Kantor DPRD Lingga

Hasil Lengkap Perolehan Suara Pemilu DPRD Kabupaten Lingga 2024

1 Maret 2024 - 21:36 WIB

Hasil Pemilu 2024 DPRD Kabupaten Lingga

Asyik! Ada Beasiswa untuk 1.500 Mahasiswa Kepri Berprestasi di Tahun 2024

1 Maret 2024 - 14:28 WIB

images 6

Polda Kepri Gelar Operasi Keselamatan Seligi 2024 Selama 14 Hari ke Depan

1 Maret 2024 - 14:21 WIB

Wakapolda Kepri Brigjen Pol Asep Safrudin. Foto: Ist/kepripedia.com

Ribuan Pencaker Ikuti Job Fair 2024 di Bintan, Begini Harapan Roby Kurniawan

1 Maret 2024 - 12:37 WIB

Bupati Bintan Roby Kurniawan mengunjungi Job Fair 2024
Trending di Warta