Menu

Mode Gelap

Hukum Kriminal · 30 Mar 2022 19:51 WIB ·

Polisi Ringkus Kurir Nakoba Sindikat Internasional di Batam, Bawa Sabu 20 Kg


 Pelaku dan barang bukti dihadirkan dalam konferensi pers pengungkapan kasus narkoba jaringan internasional di Jembatan I Barelang. Foto: Zalfirega/kepripedia.com Perbesar

Pelaku dan barang bukti dihadirkan dalam konferensi pers pengungkapan kasus narkoba jaringan internasional di Jembatan I Barelang. Foto: Zalfirega/kepripedia.com

ADVERTISEMENT
advertisement

Polisi meringkus Zulkarnain, warga Sagulung yang diduga merupakan kurir narkoba jaringan Internasional. Pria ini diamankan anggota Ditresnarkoba Polda Kepri di perairan Jembatan satu Barelang, Batam, Senin (21/3).

Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt, menjelaskan dari tangan tersangka, sebanyak 20 kg diduga sabu berhasil diamankan.

ADVERTISEMENT
advertisement

“Sabu ini dijemput tersangka dari perbatasan Malaysia dan Indonesia menggunakan boat,” ujarnya dalam konferensi pers di Polda Kepri, Rabu (30/3).

Dia menjelaskan kronologi pengungkapan penyelundupan sabu berawal dari informasi tim Opsnal Ditresnarkoba Polda Kepri akan adanya transaksi barang haram masuk.

ADVERTISEMENT
advertisement

Selanjutnya, pada 21 Maret sekitar pukul 19. 00 WIB  polisi mendapat informasi bahwa ada orang yang membawa narkotika yang diduga jenis sabu di wilayah perairan jembatan 1, Kecamatan Galang, Kota Batam.

Kemudian tim melakukan observasi dan pada saat dilakukan observasi yang membawa narkotika jenis sabu dan langsung melakukan pengejaran untuk menghentikan speed boat tersebut.

ADVERTISEMENT

“Tim sempat mengeluarkan tembakan peringatan untuk menghentikan dan tersangka inisial Z ini sempat melompat dan menceburkan diri untuk melarikan diri namun berkat kesigapan daripada tim tersangka inisial Z ini berhasil diamankan,” ungkap Harry.

Kemudian, lanjutnya, petugas melakukan pengeledahan di speed boat tersangka hingga menemukan dua tas yang didalamnya berisi narkotika jenis sabu.

” Saat dilakukan penggeledahan ditemukan 2 tas, masing-masing berisi 10 bungkus Gua Yun berwarna hijau berisi Sabu seberat 20,9098 gram atau hampir 21 kilo,” ujarnya.

ADVERTISEMENT

Menurut pengakuan tersangka, ia nekat menjemput sabu ke perairan Internasional itu karena disuruh oleh RS.

“Tersangka ini disuruh oleh RS (DPO) untuk di bawa ke Indonesia dengan upah Rp 2 juta per kg jika berhasil,” ucap dia.

“Dari keterangan tersangka juga bahwa tersangka tidak mengenal siapa orang yang pertama (membawa) di tengah laut, hanya yang bersangkutan tersangka Ini mendapat perintah dari tersangka lainnya berinisial RS untuk membawa barang bukti sabu-sabu ini ke wilayah perairan Indonesia,” tambah dia lagi.

ADVERTISEMENT

Dirresnarkoba Polda Kepri Kombes Pol, Ahmad David, menjelaskan penangkapan tersangka ini merupakan hasil dari pengembangan kasus jaringan kurir internasional yang telah diamankan Polresta Barelang beberapa waktu lalu.

Dijelaskannya, kepada polisi tersangka mengaku baru pertama kali melakukan aksi sebagai kurir sabu ini. Namun, kata Ahmad David, tentu pihaknya tidak percaya begitu saja terhadap pengakuan tersangka.

“Kita akan dalami kasus ini untuk ungkap jaringan yang lain,” tegas dia menambahkan.

ADVERTISEMENT

Kini, untuk mempertanggung jawab perbuatan tersangka dikenakan pasal 114 ayat 2 dan pasal 112 ayat 2 undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika pidana seumur hidup pidana seumur hidup atau 20 tahun penjara.

Dapatkan update berita langsung dari Smartphone anda melalui telegram. Klik t.me/kepripediacom untuk bergabung
Artikel ini telah dibaca 135 kali

Penulis: | Editor: Redaksi


ADVERTISEMENT
advertisement
Tetap terhubung dengan kami:
advertisement
Baca Lainnya

3 dari 7 Pelaku Pengiriman PMI Ilegal di Bintan Merupakan Ayah dan Anak

6 Juli 2022 - 20:53 WIB

Kepergok Curi Kipas Angin, Maling di Batam Diamankan dan Diikat Warga

6 Juli 2022 - 20:35 WIB

Setelah Viral Dirusak, Kini Polisi Selidiki Dugaan Korupsi Proyek Pelantar Tempat Wisata Kota Rebah

6 Juli 2022 - 13:22 WIB

7 Pelaku Penyelundupan PMI Ilegal dari Bintan ke Malaysia Ditangkap Polisi

5 Juli 2022 - 22:01 WIB

Kurang dari 24 Jam, Pencuri Motor di Batam Ini Ditangkap

4 Juli 2022 - 21:50 WIB

Polisi Tangkap Spesialis Curanmor yang Beraksi di Tanjungpinang dan Bintan

4 Juli 2022 - 16:47 WIB

Ilustrasi pencurian dan maling motor
Trending di Hukum Kriminal
advertisement