Menu

Mode Gelap

Hukum Kriminal · 13 Feb 2022 20:00 WIB ·

Satgas Amankan Miras Oplosan di Pelabuhan Tambelan


 Satgas Kecamatan Tambelan foto bersama barang bukti miras jenis arak yang ditangkap dalam KMP Bahtera Nusantara 01 ketika sandar di Tambelan dari Sintete Kalimantan Barat. Foto: Saud Antara Kepri Perbesar

Satgas Kecamatan Tambelan foto bersama barang bukti miras jenis arak yang ditangkap dalam KMP Bahtera Nusantara 01 ketika sandar di Tambelan dari Sintete Kalimantan Barat. Foto: Saud Antara Kepri

ADVERTISEMENT
advertisement

213 Miras oplosan jenis arak berhasil di amankan Satgas Kecamatan dari Kapal KMP Bahtera Nusantara 01 yang baru saja sandar di Pelabuhan Seri Bentayan Tambelan dari Sintete, Kalimantan Barat, Minggu (13/02).

“Penggeledahan pertama miras jenis arak ini ditemukan dalam 2 kardus. Kemudian diikuti penggeledahan ke dua dan didapati miras di dalam 1 koper, 1 kardus dan 2 goni,” kata Kapolsek Tambelan, IPTU Epi Erianto kepada Antara, Minggu.

Menurut dia, modus peredaran miras tersebut ditemukan dalam botol air mineral 550ml yang ditutupi dengan beberapa pakaian, jagung, dan jeruk untuk mengelabui.

“Dari keterangan pihak KMP Bahtera Nusantara 01, mereka tidak mengetahui tentang keberadaan miras tersebut, alias barang tak bertuan,” tutur IPTU Epi Erianto.

ADVERTISEMENT
advertisement

Pihak kepolisian juga belum mengetahui peredaran miras tersebut apakah untuk diedarkan di Tambelan atau untuk wilayah Tanjunguban.

Sebelum diamankan di Mapolsek Tambelan, 213 barang bukti miras tersebut dihitung bersama-sama dengan anggota dari Satpol PP Tambelan, Koramil 07/0315, Polsek Tambelan dan sejumlah masyarakat.

ADVERTISEMENT

“Sambil menunggu perintah selanjutnya, barang bukti sementara sudah kami amankan,” tegasnya.

Aksi penggerebakan di KMP Bahtera Nusantara 01 tersebut dilakukan oleh anggota Koramil 07 Tambelan, Serda Satya Hadinata, dan Satpol PP Tambelan Ibrahil berawal dari laporan masyarakat.

“Tim penangkapan pertama, saya dan anggota Satpol PP Ibrahim langsung bergerak ke kapal. Sedangkan 1 anggota Koramil 07/0315 Serka Amrialdi siaga di dermaga roro,” tutur Serda Satya Hadinata.

ADVERTISEMENT

Kata dia, setelah 2 kardus pertama ditangkap dan dikeluarkan dari roro. Terjadi penangkapan susulan oleh pihak kepolisian terhadap miras yang dikemas dalam 1 kardus, 1 koper, dan 2 karung.

Diwawancara terpisah, Camat Tambelan Baharuddin Ngabalin turut apresiasi terhadap kinerja Satgas Kecamatan Tambelan mulai dari Koramil 07, Polsek Tambelan, Satpol PP yang telah pro aktif membantu memberantas peredaran miras di Tambelan.

“Karena sudah dibentuk Perda. Maka memang terus melakukan pengawasan terhadap kapal-kapal dari Kalimantan” kata Baharuddin Ngabalin.

ADVERTISEMENT

Camat juga mengingatkan agar Satpol PP Tambelan tidak kendur dalam pengawasan miras dan penegakan perda.

Dapatkan update berita langsung dari Smartphone anda melalui telegram. Klik t.me/kepripediacom untuk bergabung
Artikel ini telah dibaca 83 kali

Penulis: | Editor: Redaksi


ADVERTISEMENT
advertisement
Tetap terhubung dengan kami:
advertisement
Baca Lainnya

Ruko Dibobol Saat Pemilik Pulang Kampung, 4 Pelaku Diamankan

19 Mei 2022 - 22:16 WIB

10 Kg Sabu Tangkapan BNNP Kepri dari 2 Kurir Jaringan Internasional Dimusnahkan

18 Mei 2022 - 17:06 WIB

BNNP Kepri Ungkap Peredaran Narkoba di Lingga, Sabu 11 Kg Diamankan

18 Mei 2022 - 16:22 WIB

Polda Kepri Tangkap Oknum Polisi Talaud DPO Kasus Penipuan

17 Mei 2022 - 15:07 WIB

Pesawat Inggris Masuk ke Teritorial Indonesia Tanpa Izin Bakal Dikenakan Denda

14 Mei 2022 - 18:13 WIB

Komplotan Pencuri Motor di Batam Diringkus Polisi, Sudah Beraksi di 12 Lokasi

13 Mei 2022 - 22:45 WIB

Trending di Hukum Kriminal
advertisement