Menu

Mode Gelap

Warta · 27 Jan 2022 17:46 WIB ·

Temuan 6 Probable Omicron di Kepri


 Ilustrasi COVID 19 Varian Omicron. Foto: Ist/Dok Dinkes Kalbar Perbesar

Ilustrasi COVID 19 Varian Omicron. Foto: Ist/Dok Dinkes Kalbar

ADVERTISEMENT
advertisement

Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) kelas I Batam, mengkonfirmasi adanya temuan 6 kasus probable Omicron di provinsi Kepri, 5 di antaranya merupakan warga Batam.

Dengan adanya temuan kasus ini, maka total konfirmasi kasus varian Omicron di wilayah Kepri saat ini sudah sebanyak 8 delapan orang. Termasuk 2 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang bau tiba dari Malaysia beberapa waktu lalu.

ADVERTISEMENT
advertisement

“Benar ada lima yang probable Omicron (di Batam),” ujar Kepala Dinas Kesehatan Batam, Didi Kusmarjadi, kepada kepripedia, Kamis (27/1).

Ia menjelaskan, jika kasus yang menimpa lima orang warga Batam itu satu di antaranya mempunyai riwayat pelaku perjalanan luar negeri (PPLN).

ADVERTISEMENT
advertisement

Sementara tiga orang lainnya merupakan karyawan perusahaan di Kawasan Kabil, serta satu pasien lainnya merupakan hasil dari screening di Bintan pada Minggu (23/1) lalu.

“Jadi empat orang tersebut telah dikirim ke Rumah Sakit Infeksi RSKI Galang Batam dan satu lagi dilakukan di Bintan,” kata dia.

ADVERTISEMENT

Dia menuturkan, satu orang pasien di Bintan itu terjangkit probable Omicron diketahui ketika hendak melakukan pemeriksaan saat kunjungan Presiden Joko Widodo di Bintan.

Karena terkonfirmasi positif COVID-19, warga tersebut tidak bisa ikut tim Presiden, dan kembali ke Batam untuk menjalani isolasi mandiri di kediamannya.

“Jadi yang bersangkutan dipulangkan ke Batam, tanpa notifikasi kepada kita. Kami tak tahu ada kasu positif di Bintan. Yang bersangkutan warga Batam,” kata dia.

ADVERTISEMENT

Kendati lima warga tersebut terjangkit probable Omicron. Namun, kata dia, untuk memastikan terpapar Omicron harus melalui tes WGS (Whole Genome Sequencing).

“Nah mereka ini semua dilakukan pemeriksaan melalui metode tes PCR (Polymerase Chain Reaction) dengan SGTF, dikategorikan probable,” papar dia.

1 Warga Karimun Terkonfirmasi Probable Omicron

ADVERTISEMENT

Dari temuan 6 kasus probable Omicron yang dikonfirmasi BTKLPP Batam, diketahu satu di antaranya merupakan warga Kabupaten Karimun.

Berdasarkan data yang diperoleh, sampel warga Karimun tersebut dikirim ke BTKLPP untuk dilakukan uji lab pada 23 Januari 2022. Tiga hari setelahnya, diperoleh hasil screening dengan metode S Gene Mutant Identification Test (SMIT) yang menyatakan probable Omicron.

Kendati demikian, pasien tersebut harus kembali dilakukan uji lab lanjutan dengan metode whole genome sequencing (WGS) untuk lebih memastikan akurasi terpapar varian corona baru tersebut.

ADVERTISEMENT

“Masih probable harus dilanjutkan WGS,” kata Kepala Dinas Kesehatan Karimun, Rachmadi, Kamis (27/1).

Terpisah, Kepala Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Batam, Budi Santosa saat dikonfirmasi menyebut ada penambahan kasus probable Omicron.

“Iya benar ada penambahan 4 kasus di Batam, 1 kasus di Karimun dan 1 kasus di Bintan,” ucap dia.

Menurutnya, hasil pemeriksaan laboratorium terdapat 6 sampel yang mengarah ke varian probable Omicron. Sejauh ini yang dominan warga yang terkena varian Omicron tersebut memiliki riwayat perjalanan luar negeri.

Dapatkan update berita langsung dari Smartphone anda melalui telegram. Klik t.me/kepripediacom untuk bergabung
Artikel ini telah dibaca 30 kali

Penulis: | Editor: Redaksi


ADVERTISEMENT
advertisement
Tetap terhubung dengan kami:
advertisement
Baca Lainnya

Karimun Dapat Suplai 75 Ekor Sapi dari Natuna untuk Penuhi Kebutuhan Hewan Kurban

6 Juli 2022 - 14:15 WIB

Ini Jadwal Pemutihan Pajak Kendaraan di Batam

6 Juli 2022 - 13:42 WIB

HUT Bhayangkara ke-76, Ansar Berharap Kepri Semakin Kondusif

6 Juli 2022 - 12:17 WIB

28 Guru di Bintan Diberi Promosi, Naik Jabatan Jadi Kepala Sekolah

6 Juli 2022 - 11:38 WIB

Dana Pinjaman PT SMI Belum Cair, Sekdaprov: Sudah Diajukan, Cairnya Bertahap

6 Juli 2022 - 11:30 WIB

Tahapan Pemilu Dimulai, Bawaslu Karimun Gelar Apel Kesiapan Pengawasan

6 Juli 2022 - 10:13 WIB

Trending di Warta
advertisement