Menu

Mode Gelap

Warta · 7 Mar 2022 16:24 WIB

Gubernur Ingatkan Satpol PP di Kepri Harus Kedepankan Sikap Humanis dan Persuasif


					Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat hadir dalam pelatihan pengendalian masa (Dalmas) Satpol PP se-Kepri di Hotel Comforta Tanjungpinang, Senin (7/3). Foto: Ismail/kepripedia.com Perbesar

Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat hadir dalam pelatihan pengendalian masa (Dalmas) Satpol PP se-Kepri di Hotel Comforta Tanjungpinang, Senin (7/3). Foto: Ismail/kepripedia.com

Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, mengingatkan petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) senantiasa memerhatikan aspek hukum, norma sosial, serta mengedepankan sikap humanis dan persuasif dalam melaksanakan tugas.

Menurutnya, Satpol PP sebagai penjaga wibawa Praja, memang selalu berada digaris depan dalam penegakan Peraturan Daerah (Perda). Namun, ketika melaksanakan tugas personil Satpol PP seringkali dihadapkan pada situasi dilematis.

ADVERTISEMENT

“Di satu sisi peraturan mesti ditegakan, tapi disisi lain, pelanggar yang hendak ditertibkan kebanyakan tidak memahami,” ungkapnya saat membuka pelatihan pengendalian masa (Dalmas) Satpol PP se-Kepri di Hotel Comforta Tanjungpinang, senin (7/3).

Ia juga mengakui, bila tugas Satpol PP sering dianggap musuh oleh masyarakat. Maka dari itu, citra tersebut harus dihilangkan.

Oleh karena itu, Ansar berpesan, petugas Satpol PP harus mampu mengendalikan diri, profesional, serta mengedepankan etika dan moral. Karena itu, pendekatan persuasif dan preventif harus lebih didahulukan, dibandingkan koersif atau pemaksaan yang merupakan jalan terakhir jika sangat diperlukan.

“Prinsipnya, utamakan pendekatan yang humanis dan persuasif dalam pelaksaan penertiban dan penegakan Perda, berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,”tegasnya.

Selain itu, Gubernur juga secara khusus mengucapkan terimakasih atas ikut sertanya Satpol PP dalam penanganan Covid- 19.

“Peningkatan SDM adalah sebuah keharusan dilakukan oleh Satpol PP untuk optimalisasi tupoksi dan tentunya dukungan anggaran yang memadai,” ucapnya.

Sementara itu, Kasatpol PP Kepri, Hendri Kurniadi, menjelaskan kegiatan pelatihan pengendalian massa di ikuti oleh peserta dari kabupaten/kota se-Kepri, narasumber dari Widyaswara BPSDM Kemendagri, Dr. Revilino.

ADVERTISEMENT

Hendri juga menjelaskan, kegiatan pengendalian massa berlangsung selama tiga hari, dengan jumlah peserta 40 orang bertujuan meningkatkan kemampuan sumber daya anggota Satpol PP dalam menghadapi gangguan ketertiban umum.

“Serta menjaga ketentraman masyarakat dan dalam rangka rangkaian kegiatan sinergiritas antar satuan daerah,”demikian Hendri.

Gabung dan ikuti kami di :

Penulis: | Editor: Redaksi



whatsapp facebook copas link

Baca Lainnya

Tutup Diklat BST-KLM dan SKK 60, Ini Pesan Kepala KSOP Kelas I TBK ke Peserta

14 Juli 2024 - 10:43 WIB

IMG 20240714 WA0005 11zon

Menaker RI Resmikan Satpel Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Batam, Peluang Turunkan TPT

11 Juli 2024 - 14:49 WIB

Menaker RI Ida Fauziyah Resmikan Satpel Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Batam

Pemprov Kepri Kucurkan Anggaran Hingga Rp 226 Miliar untuk Pilkada 2024

11 Juli 2024 - 14:36 WIB

Ilustrasi Pilkada Kepri 2024

Inovasi Mesin Pengering Ikan Asin dari Tanjungpinang Masuk Nominasi TTG Tingkat Nasional

11 Juli 2024 - 13:59 WIB

Inovasi TTG Mesin Pengering Ikan Asin dari Tanjungpinang

Lanal TBK Panen Raya Ikan Nila dan Sayuran Hidroponik Program Ketahanan Pangan

11 Juli 2024 - 13:44 WIB

IMG 20240711 WA0072 11zon

Wanita di Karimun Tewas Usai Alami Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan A Yani, Kolong

11 Juli 2024 - 11:41 WIB

IMG 20240711 WA0066 11zon
Trending di Warta