Menu

Mode Gelap

Buzz · 2 Jun 2022 20:48 WIB ·

Warga Batam Cek! Ini Wilayah yang Dapat STB Gratis untuk TV Digital


 Ilustrasi STB TV Digital. Foto: Kominfo Perbesar

Ilustrasi STB TV Digital. Foto: Kominfo

ADVERTISEMENT
advertisement

Pemerintah Kota (Pemko) Batam telah mendata wilayah yang akan mendapatkan set top box (STB) untuk siaran TV digital secara gratis.

Pembagian STB gratis ini ialah untuk masyarakat kurang mampu yang telah memenuhi persyaratan tertentu. Bantuan ini diberikan untuk memudahkan migrasi dari TV analog ke siaran digital yang dicanangkan pemerintah saat ini.

ADVERTISEMENT
advertisement

“Adapun warga yang menerima STB gratis di Batam dibagi per kecamatan,” ujar Kepala Dinas Kominfo Kota Batam, Azril Apriansyah pada kepripedia, Kamis (2/6).

Dia menjelaskan, untuk kecamatan, meliputi Batam Kota, Sagulung, Batu Aji, Batu Ampar, Belakang Padang, Bengkong, Bulang, Galang, Lubuk Baja, Nongsa, Sei Beduk dan Sekupang.

ADVERTISEMENT
advertisement

Sementara jumlag masing-masing per kelurahan meliputi wilayah Batam Kota sebanyak 1.392, Batu Aji sebanyak 1.767, Batu Ampar sebanyak 1.562, Belakang Padang sebanyak 1.377, Bengkong sebanyak 1.351, Bulang sebanyak 1.205, Galang sebanyak 1.279, Lubuk Baja sebanyak 1.621, Nongsa sebanyak 1.097, Sagulung sebanyak 3.590, Sei Beduk sebanyak 589, dan Sekupang sebanyak 5.022.

Sementara itu, kata Azril, untuk data personal penerima pihaknya menyesuaikan nama yang sudah terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

ADVERTISEMENT

“Semua data di Kemensos, kami belum punya data,” ujarnya.

Menurut dia, masyarakat dapat mendaftar bansos online dengan mengunduh aplikasi Cek Bansos terlebih dahulu di aplikasi playstore pada gadget masing-masing.

Pada aplikasi Cek Bansos, warga dapat memilih menu daftar usulan. Dari menu usulan tersebut warga dapat mendaftarkan diri dengan NIK KTP dan KK yang namanya sudah terdaftar di DTKS Kemensos.

ADVERTISEMENT

Dari sana, sistem akan memvalidasi serta mencocokkan data tersebut. Jika nama calon penerima sudah tervalidasi, selanjutnya calon penerima bisa memilih jenis bansos yang akan diajukan.

Adapun persyaratan penerima STB gratis tersebut di antaranya masuk dalam DTKS Kementerian Sosial, nemiliki perangkat TV analog, memiliki KTP elektronik, dan tinggal di wilayah yang terdampak penghentian siaran TV analog (ASO) Tahap 1.

“Nanti di Batam pihak penyelenggara logistik yang akan membagikan ke rumah warga secara door to door. Dengan memasang langsung,” kata dia.

ADVERTISEMENT

Kendati begitu, ia menyebut pelaksanaan lebih lanjut akan dibahas saat rapat koordinasi dengan Menkominfo dalam waktu dekat.

“Nanti secara teknis kami akan bahas lagi bersama Menkominfo,” kata dia.

Asril mengajak masyarakat untuk segara beralih dari TV Analog ke TV digital. Hal ini kerena siaran digital dinilai efisien dari analog.

ADVERTISEMENT
Dapatkan update berita langsung dari Smartphone anda melalui telegram. Klik t.me/kepripediacom untuk bergabung
Artikel ini telah dibaca 75 kali

Penulis: | Editor: Redaksi


ADVERTISEMENT
advertisement
Tetap terhubung dengan kami:
advertisement
Baca Lainnya

Telkom Bangun SKKL Bifrost Jakarta-Balikpapan-Manado-Amerika

24 Juni 2022 - 14:13 WIB

Foto Estetik Pulau Sumatera dari Luar Angkasa Jepretan Astronot NASA

18 Juni 2022 - 13:50 WIB

Mengenal Omi, Aplikasi Kencan Asal Singapura yang Dilengkapi AI

18 Juni 2022 - 13:08 WIB

Pentingnya Migrasi TV Analog ke Digital

16 Juni 2022 - 20:56 WIB

Biang Kerok Lonjakan COVID-19, Ini Ciri dan Gejala Varian Omicron BA.4 dan BA.5

16 Juni 2022 - 13:38 WIB

Mengenal Lebih Dekat Televisi Analog ke Digital

15 Juni 2022 - 20:30 WIB

Trending di Buzz
advertisement