Menu

Mode Gelap

Nasional · 23 Des 2022 12:58 WIB

Mulai 2023 Beli LPG 3 Kg Wajib Tunjukkan KTP


					Ilustrasi LPG 3 Kg. Foto: Istimewa Perbesar

Ilustrasi LPG 3 Kg. Foto: Istimewa

Pembelian gas subsidi atau LPG ukuran 3 kg bakal mulai dibatasi. Hal tersebut menyusul rencana pemerintah yang akan mengintegrasikan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) sebagai data penyaluran LPG 3 kg pada 2023 mendatang.

Di mana mulai tahun depan, masyarakat yang akan membeli LPG 3 kg wajib membawa dan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

ADVERTISEMENT

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, dalam keterangannya menyebutkan saat ini, kebijakan tersebut masih tahap uji coba di 5 kecamatan di kota besar, yakni Batam, Tangerang, Mataram, dan Semarang.

Ia menjelaskan, pembelian LPG dengan KTP ini untuk mencocokkan data konsumen ke dalam Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE). Nantinya data konsumen akan diinput langsung ke website Subsidi Tepat milik Pertamina.

Aturan ini diterapkan agar penggunaan subsidi gas LPG 3 kg tersebut tepat sasaran yakni hanya orang yang memang membutuhkan dan tepat sasaran. Di mana Pertamina berharap tidak adal lagi gas bersubsidi dinikmati masyarakat berekonomi tinggi.

Kebijakan tersebut juga didukung oleh DPR. Seperti yang disampaikan Anggota Komisi VII DPR RI Abdul Kadir Karding. Ia menilai agar penjualan LPG subsidi tepat sasaran.

“Kita harus akui memang data kita hari ini agak kurang ideal. Maka, Pertamina mengharuskan menggunakan KTP itu juga baik. Agar orang menggunakan subsidi gas itu orang-orang yang membutuhkan,” kata Karding dikutip dari laman resmi DPR, Jumat (23/12).

Ia menekankan, yang penting ialah memastikan bahwa semua bentuk subsidi apapun itu baik subsidi energi, bantuan langsung tunai (BLT), maupun program kelurga harapan (PKH) yang diberikan ke rakyat itu harus jelas sasaran dan tepat bagi yang membutuhkan.

Cara Pembelian LPG dengan KTP

Penerapan aturan pembelian LPG 3 Kg dengan KTP ini dipastikan oleh Pertamina tidak akan menyulitkan masyarakat.

ADVERTISEMENT

Nantinya, pelanggan LPG 3 kg hanya menunjukkan KTP saja. Tanpa perlu mengunduh aplikasi ataupun Kode QR seperti pembelian pertalite maupun solar.

“Membeli seperti biasa, cukup tunjukkan KTP-nya. Masyarakat tidak perlu mendownload aplikasi ataupun QR Code,” jelas Irto.

Akan tetapi masyarakat yang sudah terdaftar dalam P3KE dapat langsung membeli LPG 3 Kg tanpa perlu menunjukkan KTP. Sementara yang belum terdaftar diwajibkan untuk menunjukkan KTP.

ADVERTISEMENT

“Bagi yang datanya belum masuk, maka data yang bersangkutan akan diupdate dan langsung bisa beli seperti biasa,” ucap Irto.

Gabung dan ikuti kami di :

Berita ini dikutip dari medcom.id dan liputan6.com

Penulis: | Editor: Redaksi



whatsapp facebook copas link

Baca Lainnya

Mulai Siapkan Diri, Ini Bocoran Jadwal Penerimaan CPNS 2024

7 Mei 2024 - 12:58 WIB

64fe8285acaaa

Pasca Sidang Sengketa di MK, KPU Tetapkan Prabowo-Gibran Pemenang Pilpres 2024

24 April 2024 - 17:07 WIB

Ketua KPU dan Prabowo Subianto Gibran Rakabuming Raka

Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H Jatuh Pada 10 April 2024

8 April 2024 - 22:51 WIB

PP Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H jatuh 10 April

Rancangan PP, Anggota TNI/Polri Bisa Isi Jabatan ASN

13 Maret 2024 - 20:50 WIB

Menpan RB Anwar Anas

Pemerintah Tetapkan Awal Ramadhan 1445 H Jatuh Pada 12 Maret 2024

10 Maret 2024 - 19:48 WIB

Ilustrasi ramadhan 1445 H

Edaran Menag untuk Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri: Aturan Soal Speaker hingga Khutbah

10 Maret 2024 - 18:59 WIB

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas
Trending di Nasional